Rabu 07 Jul 2021 20:33 WIB

Pakai Bahasa Korea, Bong Joon-Ho Ikut Buka Festival Cannes

Festival Film Cannes ditiadakan pada tahun lalu akibat pandemi Covid-19.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Sutradara asal Korea Selatan Bong Joon-Ho berpose di sela-sela rangkaian acara Cannes Film Festival ke-74, di Cannes, Prancis, Rabu (7/7).
Foto: EPA
Sutradara asal Korea Selatan Bong Joon-Ho berpose di sela-sela rangkaian acara Cannes Film Festival ke-74, di Cannes, Prancis, Rabu (7/7).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS/SEOUL -- Sutradara peraih Palme d'Or dan Oscar asal Korea Selatan, Bong Joon-ho, ikut membuka Festival Film Cannes tahun ini. Penyelenggaraan Cannes sekaligus untuk merayakan kembalinya sinema dunia di bioskop setelah tutup nyaris dua tahun.

"Saya nyatakan (festival ke-74 dibuka)," kata Joon-ho dalam bahasa Korea, saat upacara pembukaan yang diadakan di Grand Theatre Lumiere, Selasa (6/7) waktu setempat dilansir Yonhap News, Rabu (7/7).

Baca Juga

Bersama dengannya, sutradara-aktris Amerika Jodie Foster, pembuat film Spanyol Pedro Almodovar, dan presiden juri Cannes Spike Lee membuat pernyataan yang sama masing-masing dalam bahasa Prancis, Spanyol, dan Inggris. Festival Film Cannes memulai pertunjukannya selama 12 hari di kota pesisir selatan Cannes dengan 24 film, termasuk film pembuka Annette karya Leos Carax, yang bersaing untuk mendapatkan penghargaan tertinggi.

Joon-ho mengunjungi acara film paling bergengsi di dunia edisi 2021 sebagai tamu istimewa, dua tahun setelah memenangkan hadiah utama Palme d'Or untuk film Parasite (2019). Dia adalah pemenang hadiah utama terakhir Cannes hingga saat ini, karena festival itu dibatalkan penyelenggaraannya pada tahun lalu karena pandemi Covid-19.

Joon-ho mengatakan, dirinya diminta oleh direktur artistik Cannes, Thierry Fremaux, untuk berpartisipasi dalam festival demi menjembatani kesenjangan antara 2019 dan 2021.

"Melihat kalian semua di sini, saya benar-benar mendapat kesan belum ada istirahat. Mungkin festival sempat istirahat, tapi bioskop tidak pernah berhenti. Bioskop terus maju seperti kereta api di film Lumiere bersaudara," ujar Joon-ho, merujuk pada bersaudara asal Perancis, Auguste dan Louis Lumiere, yang telah dianggap sebagai kontributor kelahiran bioskop sekitar tahun 1890-an.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement