Kamis , 08 Jul 2021, 10:25 WIB

Southgate: Laga Final Italia Vs Inggris Layak Dinanti

Rep: Eko Supriyadi / Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.
Foto EPA-EFE/Frank Augstein

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

Menurut Southgate, Italia tim yang sangat bagus dalam beberapa tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris akhirnya lolos ke final turnamen besar setelah menunggu selama 55 tahun. The Three Lions mengalahkan Denmark 2-1 pada semifinal di Stadion Wembley, London Kamis (8/7) WIB, sehingga berhak tampil di laga puncak Euro 2020 melawan Italia. Final Euro 2020 berlangsung di tempat yang sama pada Senin (11/7) dini hari WIB.

Pelatih Gareth Southgate pun sudah mengarahkan pandang duel kontra Italia, yang lolos ke final usai mengalahkan Spanyol. Menurutnya, Italia adalah tim yang sangat bagus dalam beberapa tahun terakhir. 

Baca Juga

"Mereka dalam performa yang luar biasa dan memiliki petarung defensif yang telah melalui segalanya. Ini pertandingan yang hebat untuk dinantikan," kata Southgate, dikutip dari laman resmi UEFA, Kamis (8/7).

Inggris mesti hati-hati. Sebab, mereka belum pernah mengalahkan Italia dalam enam pertemuan terakhir di laga kompetitif. Inggris terakhir kali menang atas Azzurri pada 1978, ketika Kevin Keegan dan Trevor Brooking memastikan kemenangan 2-0 untuk the Three Lions di Wembley.

Namun Southgate menegaskan, final ada untuk dimenangkan. Ia akan kembali berkumpul lagi dengan skuadnya untuk mempersiapkan tim dengan baik. 

"Kami perlu memulihkan diri malam ini, butuh banyak kekuatan fisik dan mental. Italia juga mengalami itu, meskipun mereka memiliki satu hari ekstra untuk pemulihan," ujar Southgate. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Gareth Southgate final euro 2020 inggris vs denmark final piala eropa semifinal piala eropa semifinal euro 2020 italia vs inggris inggris vs italia timnas inggris italiavsinggriseuro2020 stadion wembley euro 2020 piala eropa 2020 uefa jadwal euro 2020 jadwal siaran langsung euro 2020
Berita Terpopuler
Berita Lainnya