Kamis 08 Jul 2021 17:44 WIB

IDI Tepis Klaim Minuman Tertentu Bisa Sembuhkan Covid-19

Klaim minuman tertentu ampuh sembuhkan Covid-19 bersumber dari media sosial.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Susu steril. Masyarakat sempat membeli susu steril dalam jumlah banyak akibat beredarnya klaim khasiat menyembuhkan Covid-19.
Foto: Pxhere
Susu steril. Masyarakat sempat membeli susu steril dalam jumlah banyak akibat beredarnya klaim khasiat menyembuhkan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengingatkan masyarakat bahwa tidak ada minuman khusus yang ampuh menyembuhkan Covid-19. Susu steril dan air kelapa hijau yang banyak dicari masyarakat hanyalah minuman untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih mengatakan, klaim khasiat susu steril dan air kelapa hijau berasal dari media sosial. Informasi itu kemudian menyebar dengan cepat, seolah berasal dari pendapat ahli.

Baca Juga

"Padahal tidak seperti itu, itu iklan. Yang dilakukan masyarakat saat ini adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh," ujar Daeng saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (8/7).

Dengan meningkatnya imunitas, menurut Daeng, sistem pertahanan tubuh jadi lebih baik. Di satu sisi, ia memahami yang dilakukan masyarakat bertujuan untuk menolong dirinya sendiri, keluarga, atau teman-temannya.

"Tetapi kalau masyarakat mendapatkan iklan semacam itu lagi, bisa bertanya terlebih dahulu pada petugas kesehatan terdekat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement