Sabtu 10 Jul 2021 13:52 WIB

Korsel Catat Rekor Kasus Covid Tiga Hari Berturut

Korea Selatan mencatat 1.378 kasus baru Covid-19 pada Jumat tengah malam.

Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi virus corona.
Foto: Pixabay
Ilustrasi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan mencatat jumlah infeksi Covid-19 harian baru tertinggi dalam 24 jam terakhir. Ini adalah hari ketiga berturut-turut Korsel mendapati kasus infeksi. Demikian menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) pada Sabtu. 

"Mulai Senin, pembatasan virus Corona akan diperketat ke level seketat mungkin di Seoul dan wilayah tetangga untuk pertama kalinya," kata KDCA.

Baca Juga

Korea Selatan mencatat 1.378 kasus baru Covid-19 pada Jumat tengah malam, naik dari rekor Kamis sebelumnya 1.316 per hari. Korea Selatan sejauh ini bernasib lebih baik daripada banyak negara industri dalam infeksi dan kematian, dengan tingkat kematian 1,22 persen. Sementara jumlah kasus berat di angka 148 pada Jumat. Ini jauh lebih rendah dari puncak sebelumnya pada akhir Desember.

Namun, tren yang meningkat telah memicu peringatan bahwa jumlah kasus baru mungkin hampir dua kali lipat pada akhir Juli.Kondisi itu menyebabkan pembatasan yang lebih ketat oleh pemerintah termasuk orang-orang yang disarankan untuk tinggal di rumah sebanyak mungkin dan pertemuan sosial dibatasi untuk dua orang setelah pukul 18:00 waktu setempat.

Sekitar 11 persen dari 52 juta penduduk Korea Selatan telah menyelesaikan vaksinasi, termasuk menerima dosis kedua suntikan. "Sementara 30 persen telah menerima satu dosis," kata KDCA dalam sebuah pernyataan.

Korea Selatan bertujuan untuk mencapai kekebalan kelompok sebelum November dengan menginokulasi 70 persen masyarakat dengan setidaknya satu suntikan pada September. Total infeksi Covid-19 Korea Selatan hingga saat ini mencapai 166.722, dengan 2.038 kematian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement