Ahad 11 Jul 2021 01:00 WIB

Mengapa Matt Damon Melewatkan Tawaran Main Film Avatar?

Matt Damon menolak main di Avatar, film yang kemudian menjadi terlaris di dunia.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Matt Damon menampik tawaran untuk main di Avatar karena sedang syuting James Bourne.
Foto: EPA-EFE/Kate Green
Matt Damon menampik tawaran untuk main di Avatar karena sedang syuting James Bourne.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Matt Damon merupakan salah satu bintang film besar di Hollywood. The Martian, The Bourne Identity, Ford vs Ferrari, bahkan Thor: Ragnarok telah dibintanginya.

Namun, ternyata dia sempat melewatkan sebuah tawaran film terbesar dan termahal yang pernah ada. Aktor berusia 50 tahun itu urung bergabung dengan film Avatar.

Baca Juga

"Saya ditawari sebuah film kecil berjudul Avatar. Sutradara James Cameron menawari saya 10 persen dari pendapatan film itu," ungkap Damon saat mengajar di kelas master di Festival Film Cannes di Paris, Prancis, pada Jumat (9/7).

Menurut laman Fox News, Sabtu (10/7), jika tak disesuaikan dengan inflasi, Avatar merupakan film terlaris sepanjang masa. Sebab film itu telah memperoleh empat triliun lebih di box office. Film ini sempat tergusur oleh Avengers: Endgame, tetapi kembali ke puncak setelah dirilis ulang di luar negeri.

"Saya akan tercatat dalam sejarah. Anda tidak akan pernah bertemu dengan aktor yang menolak uang yang jumlahnya lebih banyak," kata Damon yang juga pemenang Oscar.

Damon menyebut, peran itu ditolaknya karena dia sedang syuting film Jason Bourne. Dia pun harus membuat pilihan "moral" untuk tidak meninggalkan waralaba aksi yang dibintanginya itu.

Sam Worthington akhirnya mendapatkan peran utama Avatar. Dia pun berhasil mendapatkan penghargaan dari Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films untuk karyanya. Aktor berusia 44 tahun itu dijadwalkan untuk muncul dalam empat sekuel film yang akan datang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement