Ahad 11 Jul 2021 12:26 WIB

Belgia Temukan Pasien Terinfeksi Dua Varian Covid-19

Pasien yang terinfeksi dua varian Covid-19 secara bersamaan di Belgia tidak selamat

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS – Seorang perempuan berusia 90 tahun di Belgia terinfeksi dua varian Covid-19 dalam waktu bersamaan. Setelah menjalani perawatan, dia tak berhasil selamat.

 

Baca Juga

Perempuan yang belum divaksinasi itu tinggal sebatang kara dan menerima layanan perawatan di rumah. Pada Maret lalu, kondisi kesehatannya turun dan harus dibawa ke OLV Hospital di kota Aalst. Saat itu, dia dinyatakan positif Covid-19.

Kadar oksigennya baik saat awal menjalani perawatan. Namun, kondisinya memburuk dengan cepat dan meninggal lima hari kemudian. Ketika staf medis melakukan pengujian kembali, mereka menemukan bahwa perempuan tersebut mengidap strain Alpha (varian Covid-19 yang berasal dari Inggris) dan Beta (varian Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan).

“Kedua varian ini beredar di Belgia pada saat itu. Jadi kemungkinan perempuan itu terinfeksi virus yang berbeda dari dua orang yang berbeda. Sayangnya, kami tidak tahu bagaimana dia terinfeksi,” kata Anne Vankeerberghen, ahli biologi molekuler dari OLV Hospital yang memimpin penelitian dikutip BBC, Ahad (11/7).

Vankeerberghen mengatakan sulit untuk mengatakan apakah koinfeksi berperan dalam penurunan cepat kondisi pasien. Saat ini temuan tersebut tengah dipresentasikan di the European Congress of Clinical Microbiology & Infectious Diseases.

Pada Januari lalu, para ilmuwan Brasil menemukan dua orang yang terinfeksi dua varian Covid-19 dalam waktu bersamaan. Namun penelitian tersebut belum diterbitkan dalam jurnal ilmiah. Merespons temuan-temuan itu, Lawrence Young, seorang ahli virology dan profesor onkologi molekuler di University of Warwick, mengatakan, tak mengherankan menemukan seseorang yang terinfeksi dua varian Covid-19.

 

“Studi ini menyoroti perlunya lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah infeksi dengan berbagai varian yang menjadi perhatian memengaruhi perjalanan klinis Covid-19 dan apakah ini dengan cara apa pun membahayakan kemanjuran vaksinasi,” kata Young.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا ضَرَبْتُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَتَبَيَّنُوْا وَلَا تَقُوْلُوْا لِمَنْ اَلْقٰىٓ اِلَيْكُمُ السَّلٰمَ لَسْتَ مُؤْمِنًاۚ تَبْتَغُوْنَ عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۖفَعِنْدَ اللّٰهِ مَغَانِمُ كَثِيْرَةٌ ۗ كَذٰلِكَ كُنْتُمْ مِّنْ قَبْلُ فَمَنَّ اللّٰهُ عَلَيْكُمْ فَتَبَيَّنُوْاۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, maka telitilah (carilah keterangan) dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan ”salam” kepadamu, ”Kamu bukan seorang yang beriman,” (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari harta benda kehidupan dunia, padahal di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu, lalu Allah memberikan nikmat-Nya kepadamu, maka telitilah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

(QS. An-Nisa' ayat 94)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement