Senin , 12 Jul 2021, 07:41 WIB

Gelar Individu Euro 2020, dari Donnarumma Hingga Ronaldo

Rep: Frederikus Bata / Red: Endro Yuwanto
Pedri dari Spanyol meraih penghargaan pemain muda terbaik Euro 2020.
Foto AP/Frank Augstein

Pedri dari Spanyol meraih penghargaan pemain muda terbaik Euro 2020.

Gelandang Spanyol, Pedri, terpilih sebagai pemain muda terbaik Piala Eropa 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Selesai sudah gelaran Piala Eropa (Euro) 2020. Italia keluar sebagai juara edisi teranyar.

Gli Azzurri menundukkan Inggris pada partai final di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari WIB. Sepanjang 120 menit kedua tim bermain imbang 1-1.

Laga pun berlanjut ke sesi adu penalti. Pada tahapan tersebut, para gladiator Negeri Piza unggul 3-2 atas tuan rumah.

Penghargaan juga diberikan untuk individu, di berbagai kategori. Dikutip dari uefa.com, kiper Italia, Gianluigo Donnarumma, terpilih sebagai pemain terbaik turnamen ini.

Sepanjang Piala Eropa 2020 bergulir, ia tampil selama 719 menit. Ia melebihi penggawa Gli Azzurri lainnya.

Donnarumma membuat gawang Italia tidak kebobolan dalam tiga pertandingan sepanjang babak penyisihan. Ia melakukan sembilan penyelamatan krusial.

Kemudian ia gemilang di sesi adu penalti melawan Inggris dan Spanyol. Pemilihan pemain terbaik, tidak hanya didasarkan pada kelebihan teknis individu.

"Tapi bagaimana dampaknya terhadap penampilan tim, serta bermain dengan sikap positif, dan penuh respek," demikian laporan yang dikutip dari uefa.com.

Berbagai pertimbangan tersebut, membuat Donnarumma di posisi terdepan. Ia menyusul beberapa nama mentereng yang pernah mendapatkan penghargaan serupa.

Ada penyerang Prancis Antoine Griezmann (Euro 2016), Andres Iniesta (Spanyol/Euro 2012). Juga Xavi Hernandez (Spanyol/Euro 2008).

Selanjutnya, gelandang Spanyol, Pedri, terpilih sebagai pemain muda terbaik Piala Eropa 2020. Sepanjang turnamen ini bergulir, jagoan Barcelona itu selalu menjadi pilihan utama pelatih Luis Enrique.

Total Pedri unjuk gigi selama 629 menit. Tim Matador melaju hingga semifinal.

"Apa yang ditunjukkan Pedri di turnamen ini, luar biasa unik. Di usia 18 tahun, belum ada yang melakukan seperti dia. Bahkan Andres Iniesta tidak mampu melakukannya," ujar Enrique memuji wonderkid Spanyol itu.

Berikutnya, Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak. Penyerang Portugal itu mengoleksi lima gol pada Piala Eropa 2020.

Sebenarnya jumlah tersebut sama dengan pencapaian striker Republik Ceska, Patrik Schick. Hanya saja, Ronaldo berada di posisi teratas, lantaran turut menyumbang satu assist.

Berdasarkan regulasi di turnamen ini, jika beberapa pemain memiliki jumlah gol sama, maka assist bisa menjadi penentu, siapa yang berhak meraih trofi top skorer. Schick kalah di perhitungan tersebut.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
pemain terbaik euro 2020 donnarumma pemain muda terbaik euro 2020 pedri top skorer euro 2020 ronaldo euro 2020 piala eropa 2020 gelar individu euro 2020 penghargaan individu euro 2020
Berita Terpopuler
Berita Lainnya