Senin 12 Jul 2021 12:34 WIB

Miliarder Richard Branson Berhasil Terbang ke Luar Angkasa

Virgin Galactic milik Richard Branson akan memulai penerbangan antariksa pada 2022.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Miliarder Inggris Richard Branson berhasil terbang ke luar angkasa dengan Virgin Galactic.
Foto: new york magazine
Miliarder Inggris Richard Branson berhasil terbang ke luar angkasa dengan Virgin Galactic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Miliarder Inggris Richard Branson berhasil terbang ke luar angkasa. Dia terbang tinggi lebih dari 88 kilometer di atas gurun New Mexico dengan pesawat roket Virgin Galactic-nya, Ahad (11/7).

Virgin Galactic telah meluncurkan, menerbangkan dan mendaratkan kru penuh pertamanya. Keberhasilan ini memposisikan perusahaan untuk memulai penerbangan wisata komersial ke tepi luar angkasa pada tahun 2022.

Baca Juga

Dilansir dari businessinsider, Senin (12/7), Miliarder Richard Branson, yang mendirikan Virgin Galactic pada 2004, berada di atas pesawat luar angkasa SpaceShipTwo milik perusahaan itu. Dia menjabat sebagai "spesialis misi", menguji pengalaman penumpang untuk pelanggan masa depan.  

Tiga karyawan Virgin Galactic lainnya melakukan hal yang sama yaitu Beth Moses, kepala instruktur astronot perusahaan, Colin Bennett, insinyur operasi utamanya dan Sirisha Bandla, wakil presiden urusan pemerintahan dan penelitian.

"Seluruh penerbangan berlangsung hanya satu jam. Ingat nama Virgin Galactic, karena saat ini luar angkasa adalah wilayah Virgin," kata Salah Satu Insinyur Galactic Veronica McGowan.

Ia menambahkan perusahaan awalnya berencana untuk menerbangkan kru penuh pertamanya tanpa Branson. Dia dijadwalkan untuk pergi pada penerbangan setelah yang satu ini. Tidak semua orang setuju kalau Branson dan krunya benar-benar pergi ke luar angkasa.

"Kami berharap dia penerbangan yang hebat dan aman, tetapi mereka tidak terbang di atas garis Karman dan itu adalah pengalaman yang sangat berbeda," kata CEO Blue Origin Bob Smith.

Apa itu garis Karman?

Garis Karman adalah batas hipotetis antara Bumi dan luar angkasa, sekitar 100 km di atas permukaan laut.  Setelah menerbangkan VSS Unity lebih dari 50 mil pada tahun 2019, Moses, Mackay, dan Masucci menerima lencana sayap astronot dari Administrasi Penerbangan Federal pengakuan bahwa mereka, di mata agensi, pernah ke luar angkasa.  NASA juga telah memberikan sayap astronot kepada pilot yang telah terbang melewati 50 mil.

Para ahli tidak setuju di mana ruang angkasa dimulai.  Lapisan terluar dari atmosfer bumi memanjang sekitar 600 mil dari permukaan laut lebih dari dua kali lebih tinggi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Diketahui, jalan Virgin Galactic menuju penerbangan luar angkasa berbahaya. Virgin Galactic berjuang untuk mencapai titik ini.  Sebuah tes mesin 2007 untuk SpaceShipTwo menghasilkan ledakan yang menewaskan tiga pekerja.  Kemudian, versi pertama dari pesawat luar angkasa, yang disebut VSS Enterprise, pecah di tengah penerbangan di atas gurun Mojave pada Oktober 2014, menewaskan co-pilot Michael Asbury dan melukai pilot Peter Siebold.

Branson awalnya berencana untuk naik SpaceShipTwo pada tahun 2014 atau 2015 tetapi harus menunda rencana tersebut setelah bencana. Sejak Virgin Galactic mulai menguji VSS Unity pada 2016, penerbangannya telah berhasil.  

Sebelumnya, pilot telah menerbangkan VSS Unity ke tepi ruang angkasa dan kembali tiga kali sejak Desember 2018. Hanya satu dari penerbangan itu yang membawa penumpang Moses.

Pada akhirnya, Virgin Galactic bertujuan untuk menerbangkan enam penumpang sekaligus, tetapi perusahaan tersebut merencanakan dua penerbangan uji lagi sebelum mulai meluncurkan pelanggan.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ اُمَّهٰتُكُمْ وَبَنٰتُكُمْ وَاَخَوٰتُكُمْ وَعَمّٰتُكُمْ وَخٰلٰتُكُمْ وَبَنٰتُ الْاَخِ وَبَنٰتُ الْاُخْتِ وَاُمَّهٰتُكُمُ الّٰتِيْٓ اَرْضَعْنَكُمْ وَاَخَوٰتُكُمْ مِّنَ الرَّضَاعَةِ وَاُمَّهٰتُ نِسَاۤىِٕكُمْ وَرَبَاۤىِٕبُكُمُ الّٰتِيْ فِيْ حُجُوْرِكُمْ مِّنْ نِّسَاۤىِٕكُمُ الّٰتِيْ دَخَلْتُمْ بِهِنَّۖ فَاِنْ لَّمْ تَكُوْنُوْا دَخَلْتُمْ بِهِنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ ۖ وَحَلَاۤىِٕلُ اَبْنَاۤىِٕكُمُ الَّذِيْنَ مِنْ اَصْلَابِكُمْۙ وَاَنْ تَجْمَعُوْا بَيْنَ الْاُخْتَيْنِ اِلَّا مَا قَدْ سَلَفَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا ۔
Diharamkan atas kamu (menikahi) ibu-ibumu, anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara ayahmu yang perempuan, saudara-saudara ibumu yang perempuan, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan, ibu-ibumu yang menyusui kamu, saudara-saudara perempuanmu sesusuan, ibu-ibu istrimu (mertua), anak-anak perempuan dari istrimu (anak tiri) yang dalam pemeliharaanmu dari istri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan istrimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu (menikahinya), (dan diharamkan bagimu) istri-istri anak kandungmu (menantu), dan (diharamkan) mengumpulkan (dalam pernikahan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. An-Nisa' ayat 23)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement