Kamis 15 Jul 2021 15:09 WIB

Ilmuwan Ungkap dari Mana Munculnya Sinar Ultraviolet

Ilmuwan menduga sejumlah besar radiasi ultraviolet bukan berasal dari matahari.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Tata surya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinar ultraviolet (UV) menjadi alasan utama manusia di Bumi perlu menggunakan tabir surya. Namun, para ahli masih mencari tahu dari mana sinar ini awalnya berasal.

Miliaran tahun lalu, sebuah meteroit yang mengambang di tata surya awal menyaksikan radiasi UV membobardir planet yang baru lahir. Ada perdebatan apakah sejumlah besar sinar UV berasal dari bintang-bintang kuno yang ada sebelum matahari atau dari matahari itu sendiri. Meteorit itu adalah Acfer 094.

Melalui isotop yang ditemukan di meteroit ini, terungkap bahwa cahaya UV itu mungkin berasal dari bintang masif yang sudah lama mati.

Misi Genesis dari Badan Antariksa Amerika (NASA) pada tahun 2011 menemukan bahwa isotop oksigen di Bumi, Bulan, dan objek lain yang relatif dekat berbeda dengan isotop oksigen dari Matahari.

Saat ini, meteorit Acfer 094 membuktikan bahwa iradiasi tata surya pada awalnya disebabkan oleh bintang-bintang selain yang diorbit oleh Bumi. Hal ini diungkap oleh ahli astrofisika dari Universitas Washington di St. Louis, Lionel Vacher. Vacher memimpin studi yang baru-baru ini diterbitkan di Geochimica et Cosmochimica Acta.

“Acfer 094 adalah meteorit yang sangat menarik dan unik. Ini adalah salah satu meteorit yang paling primitif kami miliki karena mineralogi dan komposisi kimianya memberi tahu kami bahwa meteorit ini belum dimodifikasi secara signifikan setelah pertambahannya oleh proses asteroid sekunder,” ujar Vacher dilansir Syfy, Senin (12/7).

Meteorit tersebut adalah kapsul waktu di mana isotop dari awal gas dan debu yang berasal tata surya lainnya masih tersimpan. Untuk informasi, sebagian besar meteorit yang jatuh ke Bumi telah melalui proses seperti perubahan hidrotermal dan pemanasan akibat tumbukan saat tata surya terbentuk, maupun zat radioaktif.

Acfer 094 memiliki sifat yang hampir murni. Asteroid itu tidak mengalami perubahan hidrotermal. Bagaimana objek ini bisa lolos dari kerusakan ruang tidak diketahui, tetapi mungkin terbentuk jauh, di luar Jupiter, dari es hidrogen sulfida, bahan organik dan bahan presolar.

Tidak ada meteorit lain yang diketahui mengandung campuran oksida besi, besi sulfida dan beberapa isotop oksigen terberat ini. Inilah yang menunjukkan bahwa fajar sinar UV di tata surya tidak berasal dari Matahari. Sebab, matahari memiliki enam persen lebih banyak isotop oksigen paling ringan dibanding semua bintang yang mengorbit.

Jadi, bintang apa yang menerangi tata surya dengan begitu banyak sinar UV? Bintang yang lebih kecil seperti Matahari biasanya terbentuk dekat dengan bintang besar tipe O dan B. Bintang-bintang yang sangat energik ini hidup cepat dan mati dengan susah payah.

Spektrum UV bintang-bintang tersebut juga sangat berbeda dari bintang seperti Matahari. Sinar UV benda ini memecah gas hidrogen sulfida, yang meninggalkan isotop belerang berat. Salah satu, atau keduanya adalah jenis bintang mungkin berada di gugus yang sama dari mana Matahari muncul.

Ketika radiasi kuat bintang O atau B atau keduanya memecah gas seperti hidrogen sulfida, ini menciptakan isotop yang membentuk lingkungan yang berkembang di awan kabur tempat Matahari terbentuk.