Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

6 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Gerindra Minta Nakes Hingga Relawan Diberi Penghargaan

Senin 12 Jul 2021 11:58 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Ketua Fraksi Gerindra DPR RI, Ahmad Muzani, Gerindra menilai nakes hingga relawan garda terdepan hadapi Covid-19

Ketua Fraksi Gerindra DPR RI, Ahmad Muzani, Gerindra menilai nakes hingga relawan garda terdepan hadapi Covid-19

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Gerindra menilai nakes hingga relawan garda terdepan hadapi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Ketua Fraksi Gerindra DPR RI, Ahmad Muzani, meminta pemerintah mengambil langkah strategis berupa pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan (nakes), aparat TNI-Polri, dan para relawan yang berjibaku berjuang hadapi pandemi Covid-19. 

Menurut Muzani,  mereka merupakan garda terdepan dalam upaya perang melawan Covid-19. Kerja-kerja mereka tidak bisa diukur hanya dengan materi, melainkan harus pemberiaan penghargaan yang tinggi karena telah bekerja atas dasar nilai-nilai kemanusiaan.  

Baca Juga

Muzani mengatakan, penghargaan juga sepatutnya diberikan kepada relawan-relawan covid yang telah bekerja hingga tidak mempedulikan keselamatan. Misalnya para sopir ambulans, petugas pemulasaraan atau petugas gali kubur jenazah Covid-19. "Mereka telah bekerja tak kenal lelah dan tak kenal waktu," ujar Muzani, dalam keterangannya, Senin (12/7). 

Dia menyebut, hampir setiap hari dari pagi sampai malam kita mendengar ambulans yang membawa jenazah maupun pasien covid. Dan setiap hari para petugas pemulasaraan dan petugas gali kubur tak henti-hentinya membumikan jenazah Covid-19. 

“Ada yang dari mereka rela tidak pulang, tidur dimana saja, tak bertemu sanak saudara di rumah. Itu semua demi kemanusiaan," jelas Wakil Ketua MPR ini. 

Muzani melanjutkan, penghargaan juga sepatutnya diberikan kepada aparat kepolisian, TNI, serta Satpol PP. Sinergi dalam bekerja antara petugas tersebut memberikan implikasi terhadap efektivitas PPKM Darurat, sehingga upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 dapat dijalankan dengan baik. 

"Kita melihat di jalan-jalan baik pagi, siang, malam para petugas kepolisian, TNI, bersama Satpol PP bekerja tak henti-henti dalam upaya penertiban dan pembatasan mobilitas masyarakat selama PPKM,” tutur Muzani yang juga Sekjen Partai Gerindra itu.   

Akan lebih bermanfaat, kata dia, apabila sinergi mereka dapat dihargai dengan sebuah penghargaan apresiasi kerja atas nilai-nilai kemanusiaan dan menjunjung tinggi keselamatan masyarakat.  

Muzani menegaskan, Fraksi Partai Gerindra di DPR akan memperjuangkan usulan pemberian penghargaan kepada petugas kesehatan, aparat keamanan, dan para relawan garda terdapan Covid-19 tersebut. 

Sebab, sebagian dari mereka tak sedikit yang telah berpulang akibat terpapar virus. Karena itu, kerja-kerja kemanusiaan yang telah mereka lakukan sepatutnya mendapat apresiasi setinggi-tingginya. 

Data LaporCovid-19 mencatat sebanyak 1.183 nakes telah meninggal dunia. Sebagian besar nakes yang meninggal adalah dokter dan perawat. Kemudian nakes bidan dan disusul profesi nakes lainnya seperti petugas rekam radiologi dan supir ambulan. Angka ini dinilai cukup tinggi meningat saat ini pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman utama bagi keselamatan rakyat Indonesia.   

sumber : Antara
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile