Rabu 14 Jul 2021 07:12 WIB

Piza Fish & Chips Domino's Dianggap Hina Inggris-Italia

Usai final Euro 2020, perdebatan soal makanan mana yang lebih enak menjadi sengit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Menu baru Dominos Pizza Jepang memantik perdebatan warganet soal makanan Italia vs Inggris.
Foto: Dominos
Menu baru Dominos Pizza Jepang memantik perdebatan warganet soal makanan Italia vs Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menu baru Domino's Jepang, yakni piza fish and chips, memantik keributan di dunia maya di tengah keriuhan yang masih belum usai selepas kemenangan Italia atas Inggris di final Euro 2020. Apa 'salahnya' varian piza Domino's tersebut?

Seorang pemilik akun Twitter @marcooth, Mark Evans, menganggap, piza fish and chips sama saja menghina dua negara sekaligus, Italia dan Inggris. Itu karena fish and chips yang terkenal sebagai kuliner Inggris menjadi topping piza, makanan khas Italia.

Baca Juga

Di satu sisi, menu Domino's Jepang itu menggambarkan seolah Inggris mendominasi Italia. Di sisi lainnya, pilihan topping itu juga membuat piza terkesan sebagai makanan yang tidak enak.

Domino's Jepang menciptakan 'pizza fish and chips', yang di bagian atasnya dilengkapi potongan ikan dan kentang garing, irisan lemon, basil, saus tartar, dan saus tomat. Warganet merasa aneh melihat irisan lemon disertakan sebagai topping, lengkap dengan kulitnya. Piza tersebut dijual seharga 4.200 yen di Jepang, sekitar 552 ribuan.

"Domino Jepang telah menemukan hidangan yang menghina Inggris dan Italia. Cukup tahu saja, saya mungkin akan sangat menikmati makan ini," kata Evans, dilansir Times Now News, Rabu (14/7).

Cicitan itu mengumpulkan ribuan reaksi, sebagian sepakat menganggap menu fushion itu sebagai penghinaan bagi kedua negara. Domino’s Jepang pun ikut menanggapi hal tersebut setelah menjadi percakapan sengit di media sosial. Ini terjadi setelah cicitan Mark mengumpulkan lebih dari 6.000 retweet dan 25 ribu suka.

"Maaf, piza fish and chips kami telah menyebabkan begitu banyak masalah. Kami pikir ini cukup enak. Jika Anda berada di Jepang dan ingin menantang, beri tahu kami. Beri dukungan dengan jempol ke atas, kami mungkin dapat menyusun rencana internal yang dapat membuat Anda mendapat penawaran gratis!" cicit akun resmi Domino’s Jepang, @dominos_JP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement