Rabu , 14 Jul 2021, 18:05 WIB

Parade Italia Juara Euro 2020 Dikecam Pejabat Kota Roma

Rep: Fitriyanto / Red: Muhammad Akbar
Para pemain Italia merayakan kemenangan mereka di atas bus terbuka di Roma, Senin (12/7). Dalam pertandingan final Euro 2020 yang dimainkan di stadion Wembley di London pada hari Minggu Italia mengalahkan Inggris 3-2 dalam adu penalti setelah bermain imbang 1-1. AP Photo/Gregorio Borgia
Foto AP

Para pemain Italia merayakan kemenangan mereka di atas bus terbuka di Roma, Senin (12/7). Dalam pertandingan final Euro 2020 yang dimainkan di stadion Wembley di London pada hari Minggu Italia mengalahkan Inggris 3-2 dalam adu penalti setelah bermain imbang 1-1. AP Photo/Gregorio Borgia

Kami telah menolak izin untuk merayakan kemenangan Italia di Euro di bus terbuka

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA — Pejabat Kota Roma Matteo Piantedosi telah mengungkapkan FIGC 'tidak menghormati perjanjian'. Ungkapkan itu disampaikannya karena parade juara timnas Italia di ibu kota tidak mendapatkan izin oleh otoritas setempat.

Pejabat Kota Roma berbicara tentang perayaan Azzurri di ibukota setelah memenangkan Euro 2020 dan mengapa pihak berwenang tidak menghentikan bus terbuka dari parade jalan-jalan Kota Abadi.

“Mereka telah meyakinkan kami sebuah platform di Piazza del Popolo. Memblokir mereka akan menciptakan masalah ketertiban umum,” kata Piantedosi kepada Corriere della Sera.

"Kami telah menolak izin untuk merayakan kemenangan Italia di Euro di bus terbuka, tetapi perjanjian itu tidak dihormati."

Karena pandemi COVID-19, pihak berwenang setempat ingin menghindari pertemuan massal di jalan-jalan dan pejabat kota jelas tidak senang dengan apa yang terjadi pada hari Senin dan 'kemungkinan konsekuensi yang dapat terjadi dalam beberapa pekan mendatang, meskipun pekerjaan besar telah dilakukan' 

Ketika ditanya apakah Italia tidak seharusnya merayakannya, dia menjawab “Ya, tentu saja. Tapi dengan cara yang berbeda."

“Jumat lalu kami membentuk panitia untuk ketertiban dan keamanan. Saya telah menyetujui hubungan dengan Menteri Dalam Negeri Luciana Lamorgese dan dengan kepala polisi Lamberto Giannini,” kata Piantedosi.

“Pertemuan itu justru untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dan untuk itu kami juga melibatkan langsung FIGC,” tegas Piantedosi lagi.

“FIGC meminta untuk mengizinkan para atlet tim nasional untuk melakukan perjalanan keliling Roma dengan bus terbuka, tetapi dijelaskan dengan jelas bahwa itu tidak mungkin. Kami mengatakan kami tidak dapat mengotorisasi mereka,” ujarnya lagi.

“Kami harus mengatur transisi dari Quirinale ke Palazzo Chigi, mencoba mendamaikannya dengan kebutuhan keamanan yang terkait dengan pandemi dan oleh karena itu menghindari pertemuan dengan cara apa pun,” lanjutnya.

“Pada Senin pagi, FIGC mengusulkan berbagai solusi, yang terakhir adalah menggunakan platform untuk dirakit di Piazza del Popolo, di pusat kota Roma, di mana para pemain dapat merayakannya dengan para penggemar,” ujarnya.

“Kami merasa itu bisa menjadi mediasi yang layak karena memungkinkan kami untuk mengendalikan kerumunan di satu tempat, juga memverifikasi bahwa orang-orang memakai masker seperti yang dipersyaratkan oleh keputusan yang berlaku ketika ada pertemuan,” jelasnya.

Tetapi Azzurri memutuskan untuk tidak mengikuti peron di Piazza del Popolo dan memilih untuk melakukan perjalanan di jalanan Roma dengan bus terbuka.

 “Pada Senin sore kami melakukan kontak langsung lainnya dengan staf FIGC yang memperbarui permintaan untuk dapat menggunakan bus terbuka,” lanjut Piantedosi.

“Kami menjelaskan kepada semua orang bahwa evaluasi tidak berubah. Kami pikir mereka akan menyuruh para pemain berhenti di depan Palazzo Chigi setelah bertemu dengan Perdana Menteri Mario Draghi,” katanya.

“Kami yakin bahwa transfer akan dilakukan di bus tertutup.  Sebagai gantinya, tak lama setelah meninggalkan Quirinale, sebuah bus atap terbuka dengan spanduk dan surat yang didedikasikan untuk para juara Eropa bergabung,” tambahnya.

Pejabat Kota Roma mengatakan dia menghubungi Presiden FIGC Gabriele Gravina dan mengungkapkan itu akan 'menciptakan masalah ketertiban umum' jika pihak berwenang menghentikan parade Azzurri.

"Mereka berpendapat sudah ada banyak orang di jalan-jalan," katanya. “Dan para pemain memiliki niat yang kuat untuk melanjutkan perayaan dengan naik bus terbuka.

“Ada ribuan orang yang menunggu bus, melarangnya bisa menimbulkan masalah ketertiban umum,” kata Piantedosi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Matteo Piantedosi perayaan italia juara eropa figc
Berita Terpopuler
Berita Lainnya