Jumat 16 Jul 2021 08:24 WIB

Joe Biden: AS Kaji Cabut Larangan Perjalanan ke Eropa

Joe Biden mengaku Kanselir Jerman menekannya untuk membuka perjalanan ke Eropa

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Presiden AS Joe Biden
Foto: AP/Evan Vucci
Presiden AS Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan ia berharap dalam beberapa hari ke depan sudah mengetahui kapan AS dapat mencabut larangan perjalanan ke Eropa. Hal itu disampaikan usai pertemuan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Kamis (15/7).

Dalam konferensi pers gabungan tersebut Biden mengakui Merkel menekannya mengenai hal tersebut. Negara-negara anggota Uni Eropa yang masuk dalam kawasan Schengen masih menerapkan syarat yang ketat tapi kini kembali dilanda wabah Covid-19.  

Baca Juga

Kawasan Schengen merupakan kawasan yang terdiri atas 26 negara Eropa. Negara-negara yang masuk kawasan ini resmi menghapus kebijakan paspor dan semua jenis kontrol perbatasan masing-masing. Biden ditekan atas komitmennya untuk mengikuti sains dalam membuka kembali perjalanan internasional.

Ia mengatakan tim Covid-19 sedang mempelajari masalah itu. Biden menambahkan ia berharap 'dalam beberapa hari ke depan' dapat mengumumkannya seberapa cepat larangan perjalanan tanpa hambatan antara AS dan Eropa dapat dibuka kembali.

"Saya menunggu kabar dari rekan-rekan kami di tim Covid, kapan hal itu dapat kami lakukan," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement