Sabar, Sholat dan Sedekah Kunci Hadapi Pandemi Covid-19

Jumat , 16 Jul 2021, 14:15 WIB Reporter :Binti sholikah/ Redaktur : Esthi Maharani
Sholat. Ilustrasi
Sholat. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, SOLO - Ketua PP Muhammadiyah, Dahlan Rais, menyatakan, sabar, sholat dan sedekah menjadi kunci umat Islam dalam menghadapi pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Dahlan Rais saat memberikan tausiyah pada kegiatan Qiyamul Lail dan Do'a Bersama yang diadakan BPSDM Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Jumat (16/7) dini hari secara daring.

 

Terkait

Dahlan Rais mengajak kepada umat Muslim untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan cara sabar, sholat dan sedekah dalam menghadapi ujian berupa pandemi Covid-19.

Ia mengungkapkan, dalam menghadapi persoalan saat ini terutama pandemi Covid-19 yang semakin tinggi, perlu adanya kesadaran umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah, bermunajat kepada Allah, berzikir dan memohon kepada Allah SWT agar segera dikeluarkan dari masalah ini.

"Sabar, shlat dan sedekah menjadi salah satu jalan dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Apabila itu dilakukan insyaallah akan mengurangi beban yang sangat tinggi," terang Dahlan Rais seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat.

Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) UMS tersebut juga mencontohkan bagaimana para Nabi dalam menyikapi persoalan yang sungguh berat itu dalam hidupnya. Seperti Nabi Ayyub yang diuji oleh Allah dengan penyakit kulit, Nabi Musa yang menghadapi Bani Israil. Bahkan, dia juga mencontohkan bagaimana KH Ahmad Dahlan dalam memperjuangkan ajaran agama Islam.

"Dengan sabar dan sholat lah mereka para pendahulu umat Islam dapat keluar dari persoalan sebagai pemenang. Nabi Ayyub dapat pulih dari sakitnya, Ibrahim dikaruniai buah hati yang juga merupakan seorang nabi," paparnya.

Dahlan Rais juga mengutip salah satu tinjauan kedokteran terhadap kejiwaan orang yang bersedekah, "Ternyata sedekah mampu menumbuhkan dan memperkuat imunitas kita," ujarnya.

Pada akhir tausiyahnya, Dahlan Rais berpesan, dalam kondisi yang sekarang ini, selayaknya perlu dikuatkan kedekatan kepada Allah dan juga saling tolong-menolong antar sesama.