Jumat 16 Jul 2021 23:55 WIB

Inkoppas akan Sediakan Layanan Digital untuk Para Anggota

Inkoppas terus tingkatkan layanan menuju layanan sistem digital

Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum Inkoppas ,Yudianto Tri, mengatakan Inkoppas terus tingkatkan layanan menuju layanan sistem digital
Foto: Dok Istimewa
Ketua Umum Inkoppas ,Yudianto Tri, mengatakan Inkoppas terus tingkatkan layanan menuju layanan sistem digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—  Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) akan melakukan modernisasi koperasi-koperasi pedagang pasar (Koppas) dengan mendorong Koppas memasuki layanan digital. Tata kelola koppas menggunakan sistem informasi online

Ketua Umum Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas), Yudianto Tri, mengatakan layanan kepada pedagang pasar menggunakan aplikasi digital berbasis android dan IOS. Ini memakai smartphone yang aplikasinya masih dalam pilot projects. 

Baca Juga

“Pedagang sudah tidak direpotkan oleh kebutuhan untuk tarik, setor, pindah buku, transfer karena berpindah menggunakan aplikasi digital tersebut," kata Yudianto, dalam keterangannya, Jumat (16/7)

Dia menjelaskan, pedagang dengan mudah dapat membayar kewajiban seperti retribusi, angsuran kios, service charge pasar dan lain-lain. Bahkan untuk membayar listrik, telepon, dan berbagai tagihan lain sistem digital Inkoppas sudah bisa menjadi payment point

Menurut Yudianto Tri, jika pedagang pasar melakukan shifting cara mengelola keuangan dengan menggunakan sistem digital yang tengah dikembangkan, dalam ekosistem pedagang pasar akan terbentuk big data. 

Big data tersebut, kata dia,  menyajikan shopping list bagi mitra lembaga keuangan manakala akan memberikan pinjaman dana, atau menyajikan data kebutuhan barang untuk prinsipal, produsen, dan pabrikan manakala akan memasok barang di pasar. 

Lebih lanjut, merefleksikan Hari Koperasi ke-74 yang bertepatan pada 12 Juli lalu, dia mengatakan tantangan koperasi khususnya Koppas, di era saat ini adalah lambatnya Koppas-Koppas dalam mengadaptasi Revolusi Industri 4.0. 

Hal ini, kata dia, menyebabkan makin terdesaknya Koppas oleh serbuan lembaga keuangan lain (bank, fintech, dan lain-lain) dengan teknologi digital dan metode pelayanan cepat dan mudah. 

Dia menyatakan, Koppas juga dihadapkan situasi pandemi Covid-19 yang berdampak pada surutnya usaha pedagang pasar sebagai anggotanya yang menyebabkan terganggunya cashflow pedagang.  

Tantangan yang lain, ungkap dia, adalah kemampuan Koppas dalam mendukung usaha pedagang untuk menyediakan dan menstabilkan kebutuhan bahan pokok agar kebutuhan masyarakat tetap dapat terlayani dan tercipta stabilitas pangan. 

Dalam rangkaian Hari Koperasi tersebut, kata dia, Inkoppas yang merupakan sekunder koperasi dari koperasi-koperasi pedagang pasar melakukan penataan dan konsolidasi dengan menyelenggarakan Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) yang telah dilaksanana pada 3–4 Juli 2021 lalu di Jakarta.   

Adapun hasil RALB antara lain adalah penggantian Ketua Umum Inkoppas yang semula dijabat oleh Ferry Juliantono digantikan oleh Yudianto Tri.  

Dalam periode kepemimpinannya Yudianto Tri menetapkan tagline Inkoppas yaitu menuju koperasi pasar yang modern setara bank.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement