REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta mendukung perjuangan rumah sakit dalam menangani pasien di tengah tingginya kasus penyebaran Covid-19 dengan menyiapkan strategi pengamanan kelancaran pasokan listrik.
"PLN berkomitmen terus menjaga kontinuitas suplai listrik untuk rumah sakit 24 jam sehari dan 7 hari sepekan," kata Manajer PLN UP3 Surakarta, Joko Hadi Widayat, seperti tertulis dalam siaran pers, Jumat (16/7) malam.
Jaminan suplai listrik itu diberikan agar operasional pelayanan kesehatan tidak mengalami hambatan. PLN telah melakukan langkah-langkah melalui pengamanan jaringan listrik secara ketat, khususnya jaringan yang digunakan oleh rumah sakit. PLN juga rutin melakukan patrol jaringan serta kunjungan petugas ke rumah sakit untuk memastikan kelancaran pasokan.
Menurut Joko, PLN menyadari listrik menjadi fasilitas yang sangat penting bagi rumah sakit dalam penanganan pandemi.
"PLN untuk terus hadir dan memberikan dukungan penuh dalam penyediaan listrik yang andal serta berkualitas sehingga membantu pihak rumah sakit dalam menangani pasien," ucapnya.
Joko menyatakan, jaminan keandalan pasokan listrik tersebut sudah lama dinikmati oleh para pelanggan PLN Premium. Saat ini, di wilayah kerja PLN UP3 Surakarta sudah terdapat sejumlah rumah sakit yang menjadi pelanggan PLN Premium maupun yang sedang dalam proses.
Namun, dalam situasi darurat ini, PLN berkomitmen untuk memberikan jaminan pasokan listrik baik kepada semua rumah sakit baik yang telah menjadi pelanggan PLN Premium maupun yang belum. "Dalam situasi kondisi yang urgensi saat ini PLN terus menjaga tingkat keandalan suplai listrik ke seluruh rumah sakit yang menangani pasien Covid-19," ungkapnya.
Di sisi lain, salah satu kunci untuk mengurangi beban tenaga kesehatan dan rumah sakit dengan cara menekan penularan wabah. Sebagian masyarakat melakukannya melalui gerakan work from home.
Kebijakan PPKM Darurat oleh pemerintah membuat masyarakat yang melakukan work from home semakin meningkat. Pusat kegiatan masyarakat yang semula berada di kawasan perkantoran kini bergeser ke perumahan.
"Bagi PLN, kondisi ini menjadikan motivasi dan semangat untuk terus berikhtiar dalam memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan rumah tangga dan meningkatkan respon lebih cepat atas keluhan," terang Joko.
Selanjutnya, PLN juga mengimbau para pelanggan memanfaatkan aplikasi PLN Mobile sehingga memudahkan untuk mendapatkan layanan PLN. Aplikasi itu juga bisa dimanfaatkan untuk melaporkan jika ada keluhan serta mengalami gangguan listrik. Kemudian, pelanggan bisa menggunakan fitur SWAB CAM untuk melaporkan Stand kwH meter.