Sabtu 17 Jul 2021 16:17 WIB

Balita Imigran Bersatu Kembali dengan Ibunya

Balita bernama Wilder ditemukan di perbatasan AS-Meksiko dalam kondisi memprihatinkan

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Warga menyeberangi perbatasan menuju Amerika Serikat (AS) di Tijuana, Meksiko. Ilustrasi.
Foto: AP Photo/Gregory Bull
Warga menyeberangi perbatasan menuju Amerika Serikat (AS) di Tijuana, Meksiko. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGUCIGALPA -- Seorang balita yang menggemparkan dunia setelah ditemukan sendirian di perbatasan Meksiko sudah berkumpul kembali bersama keluarganya. Balita berusia dua tahun itu bagian rombongan imigran yang hendak masuk ke Amerika Serikat (AS).

Ibu balita itu, Lorena Garcia, mengatakan ia memeluk bayinya Wilder dengan sangat erat ketika ia bertemu dengannya di utara Kota San Pedro Sula, Honduras. Ia diterbangkan dari Meksiko setelah menghabiskan 20 hari di pusat penahanan pihak berwenang Meksiko.

Baca Juga

Wilder menarik perhatian media-media internasional setelah ditemukan sendirian di dekat sebuah truk kargo bulan Juni lalu. Truk itu membawa lusinan imigran yang mencoba menyeberangi Negara Bagian Veracruz ke perbatasan AS. Seorang agen imigrasi Meksiko menemukan Wilder setengah telanjang dan dikelilingi sampah.

"Saya bahagia melihat Wilder lagi. Saya sangat menderita dengan apa yang terjadi, saya tidak akan membahayakannya lagi," kata Garcia setelah melakukan perjalanan selama enam jam dari desanya untuk bertemu Wilder, Jumat (16/7).