Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Pengakuan Mengejutkan Kafir Usai Dengar Nabi Baca Alquran

Sabtu 17 Jul 2021 20:12 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Ayat Alquran mampu membuat orang kafir tertegun hingga masuk Islam. Alquran (ilustrasi)

Ayat Alquran mampu membuat orang kafir tertegun hingga masuk Islam. Alquran (ilustrasi)

Foto: ANTARA
Ayat Alquran mampu membuat orang kafir tertegun hingga masuk Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Ayat-ayat suci Alquran memiliki keindahan dalam setiap rangkaiannya. Hal ini telah banyak dibuktikan sebagian besar orang hingga mereka memeluk Islam.  

Dikutip dari buku "Jangan Takut Hadapi" Hidup karya Dr Aidh Abdullah Al-Qarny, pernah suatu ketika orang-orang kafir mendengar Rasulullah ﷺ melantunkan ayat suci Alquran. 

Mereka terpesona dan mengakui keindahan rangkaian kalimat dalam Alquran. Mereka pun akhirnya menutup kedua telinganya karena takut terpengaruh dengannya.  

Baca Juga

Thufail bin Amr lalu mendatangi sumber suara itu dan berkata, "Pada saat aku masih kafir, aku sempat menutup kedua telingaku dengan kapas, ketika aku mendekati Rasulullah dan beliau memulai membaca Alquran. Lalu aku pun berkata pada diriku sendiri, 'Sungguh menakjubkan sekali' Aku adalah seorang penyair dan sastrawan, tapi mengapa aku tidak mendengar ucapannya sehingga aku dapat menikmati keindahan kata-katanya, atau paling tidak aku mengetahui bahwa kata-katanya adalah sihir'? 

Thufail berkata, 'Aku masih ragu, lantas aku mengambil kapas yang aku taruh di telingaku dan membuangnya. Setelah itu, dengan leluasa aku dapat mendengarkan bacaan Muhammad. Kemudian aku mendatangi beliau dan berucap, “Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu annaka Rasulullah" (Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa engkau adalah utusan-Nya).” (Lihat, Bidayah wa An-Nihayah). 

Jabir bin Muth'im salah seorang pembesar kota Makkah telah berjanji tidak akan mendengarkan bacaan Alquran. Tapi, pada saat Allah SWT menginginkan ia terbebas dari neraka, Allah pun menunjukkan jalan kepadanya. 

Suatu ketika dia mendengarkan bacaan Alquran dari Rasulullah ﷺ  dengan suara yang melengking di saat beliau sedang melaksanakan sholat Magrib.  

وَالطُّوۡرِۙ, وَكِتٰبٍ مَّسۡطُوۡرٍۙ, فِىۡ رَقٍّ مَّنۡشُوۡرٍۙ, وَالۡبَيۡتِ الۡمَعۡمُوۡرِۙ, وَالسَّقۡفِ الۡمَرۡفُوۡعِۙ‏ "Demi bukit. Dan kitab yang ditulis, pada lembaran yang terbuka. Dan demi Baitul Ma'mur . Dan atap yang ditinggikan (langit) ..." (QS Ath Thur ayat satu sampai akhir ayat) 

Jabir berkata, "Hatiku bergetar hebat hingga seakan-akan aku terbang ke angkasa". Seketika itu, Jabir menyatakan dirinya masuk ke dalam agama Islam.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA