Jumat 09 Jul 2021 14:24 WIB

Akses Layanan Peserta JKN-KIS di Rumah Sakit Kian Mudah

Kami tidak menunggu waktu lama saat mengurus administrasinya

Kartu Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
Foto: BPJS Kesehatan
Kartu Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Salah seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Arif Rahmad menyatakan akses pelayanan menggunakan JKN-KIS saat menjalani perawatan di rumah sakit, semakin mudah dan baik.

"Pelayanan kesehatan di rumah sakit dalam program JKN-KIS meningkat setiap tahun dan semakit cepat," kata Arif di Palangka Raya, Jumat (9/7).

Pria 38 tahun itu mengungkapkan pengalaman itu dirasakan langsung saat istri mendapatkan tindakan operasi untuk proses persalinan beberapa waktu lalu di salah satu rumah sakit di 'Kota Cantik'. "Kami tidak menunggu waktu lama saat mengurus administrasinya. Semua langsung ditangani dengan cepat. Di UGD saja kemarin hanya perlu observasi kurang dari satu jam," katanya.

Dia menerangkan operasi persalinan tersebut harus dijalani sang istri dalam proses persalinan anak keduanya akibat tidak bisa melakukan proses persalinan secara normal. Di tengah terdampaknya ekonomi keluarga saat pandemi Covid-19 ini Arif mengaku bersyukur telah menjadi peserta JKN-KIS yang meringankan beban biaya pengobatan atau pelayanan kesehatan.

"Di tengah kondisi ekonomi saat ini, keberadaan program JKN-KIS sangat membantu sekali. Apalagi tahu bahwa istri harus melakukan persalinan dengan cara operasi, pasti biayanya tidak sedikit," katanya.

Arif Rahman sendiri telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS karena ia bekerja di Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN). Berdasar data yang dikeluarkan BPJS Cabang Palangka Raya angka kepuasan peserta dan fasilitas kesehatan dalam program JKN-KIS tahun 2019 sebesar 80,1 persen dan naik pada tahun 2020 menjadi sebesar 81,5 persen. Sedangkan kepuasan fasilitas kesehatan tahun 2019 sebesar 79,1 persen naik menjadi 81,3 persen pada tahun 2020.

Sementara itu dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap peserta BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya juga menerapkan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa). Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan menerangkan layanan Pandawa tersebut dapat diakses masyarakat melalui nomor telepon 0852-4619-6309.

Layanan ini dapat diakses pada Pukul 08.00-15.00 WIB dengan jam waktu istirahat petugas pukul 12.00-13.00 WIB selama hari Senin hingga Jumat kecuali hari libur nasional.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement