×

Saran Agar Ibu Hamil Tetap Sejuk di Tengah Cuaca Panas

Rep: Shelbi Asrianti / Redaktur: Gita Amanda

Selasa , 20 Jul 2021, 03:26 WIB
Perubahan hormonal membuat suhu tubuh secara alami lebih tinggi selama kehamilan. (ilustrasi) Perubahan hormonal membuat suhu tubuh secara alami lebih tinggi selama kehamilan. (ilustrasi)
Perubahan hormonal membuat suhu tubuh secara alami lebih tinggi selama kehamilan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca panas bisa menjadi tantangan bagi ibu hamil karena suhu tubuh secara alami lebih tinggi selama kehamilan. Kenaikan suhu ini disebabkan oleh perubahan hormonal, peningkatan aliran darah, dan kehangatan dari bayi.

Itu semua adalah bagian normal dari kehamilan, dan lebih mengarah pada kenyamanan daripada masalah kesehatan. Dokter umum Ross Perry sekaligus Direktur Medis CosmedicsUK, menyarankan beberapa hal agar tetap sejuk.

- Tetap terhidrasi
Menurut Ross, ibu hamil perlu minum sedikitnya delapan gelas per hari. Jika bepergian, selalu bawa bekal minuman agar tetap terhidrasi. Jangan tunggu haus untuk minum tapi minumlah secara berkala.

- Menjauh dari matahari
Sebagian ibu hamil memiliki kulit yang lebih sensitif sehingga perlu ekstra hati-hati saat berada di luar ruangan. Pakai tabir surya dengan SPF tinggi untuk menghindari masalah kulit seperti melasma.

- Kenakan pakaian longgar
Memakai baju longgar akan membantu tubuh tetap sejuk saat cuaca panas selama kehamilan. Pilih bahan katun atau linen alih-alih kain sintetis yang tidak menyerap keringat. Celana pendek saat tidur di malam hari bisa jadi opsi nyaman.

- Semprotan air
Botol air semprot bisa menjadi penyegar instan di siang hari ketika wajah ibu hamil mulai terasa panas atau memerah. Isi botol semprot dengan air dan semprotkan ke wajah dan tubuh untuk menyejukkan diri.

- Kompres perut
Mengompres perut dengan kain flanel dingin termasuk cara yang efektif untuk mendinginkan tubuh dengan cepat. Bisa juga meletakkannya di kening atau di atas mata untuk menghilangkan sakit kepala atau ketegangan mata.

- Kudapan dingin
Kudapan dingin seperti es krim, yogurt, dan buah beku bisa dinikmati untuk menyejukkan tubuh saat cuaca panas. Selain menurunkan suhu, pilihan kudapan beku lain yang sehat juga akan menjaga tingkat energi.

- Hindari makanan pedas
Jika kepanasan, hindari makanan pedas. Sebaliknya, santaplah makanan "pendingin" seperti salad, sayuran, atau buah dengan kandungan air tinggi seperti semangka atau mentimun. Itu akan memiliki efek pendinginan yang ampuh.

- Dinginkan kaki
Mendinginkan kaki efektif membuat seluruh tubuh ikut menjadi dingin. Isi baskom dengan air dingin, kemudian rendam kaki sambil melakukan berbagai aktivitas santai seperti membaca buku atau menonton TV.

- Bernapas teratur
Pernapasan yang santai dan stabil bisa menenangkan sekaligus melepaskan panas tubuh. Apabila mulai terasa panas, fokuskan perhatian pada cara bernapas dan mulai pola bernapas yang baik, dikutip dari laman Good To.


 
 
Play Podcast X