Selasa 20 Jul 2021 07:33 WIB

 Tips Sukses Jadi Software Enginee di Perusahaan Teknologi

Pekerjaan software engineer terbuka bagi laki-laki maupun perempuan.

Red: Dwi Murdaningsih
Kode pemrograman software (Ilustrasi)
Foto: websoftwareqa.com
Kode pemrograman software (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era teknologi digital, pekerjaan sebagai seorang insinyur perangkat lunak atau yang akrab disebut dengan software engineer adalah salah satu yang paling dicari oleh banyak perusahaan. Untuk menjadi seorang software engineer tak hanya pendidikan di bidang Information Technology (IT) saja yang diperlukan namun harus memiliki kemampuan lain sebagai penunjang pekerjaan.

Nathania Sutedja, seorang Engineering Manager Android Tokopedia berbagi tips kepada para anak muda yang tertarik dan ingin bekerja di bidang IT. Hal terpenting yang harus diingat adalah pekerjaan IT terbuka untuk pria dan wanita, asalkan memiliki kemampuan untuk bekerja dan dalam membuat pemrograman.

Baca Juga

"Setelah bergabung di bidang teknologi ini, cuma dua yang dibutuhkan hardskill dan softskill, sebenarnya ini juga dibutuhkan di bidang lain. Jadi buat cewek, jangan takut atau minder dulu," ujar Nathania.

Untuk hard skill atau kemampuan spesifik, para calon software engineer harus kenal betul dengan bahasa pemrograman yang akan digunakan. Selain itu, orang tersebut juga wajib memiliki kemampuan untuk menganalisa masalah, menginterpretasikan data dan berani mengambil keputusan di saat genting.

"Menjadi orang yang mampu berpikir secara logis dan juga bisa menyelesaikan masalah secara kreatif dan kritis dalam mengembangkan inovasi digital," kata Nathania.

Calon software engineer juga harus memiliki soft skill atau kepribadian serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan. Di bidang IT, kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi di suatu perusahaan.

Rasa ingin tahu yang tinggi dan mengikuti perkembangan teknologi, juga menjadi syarat untuk bekerja di bidang teknologi. Sebab, teknologi baru selalu muncul dalam kurun waktu yang singkat.

"Bisa berpikir kritis dan memiliki kemampuan memecahkan masalah. Dalam bidang teknologi pasti banyak muncul masalah-masalah yang tidak kita duga, ada bug, issued, server down, di bidang teknologi ada banyak banget kalimat seperti itu," kata lulusan Computer Science, Binus University itu.

Menyelesaikan masalah secara efektif, tidak hanya mampu memperbaiki kesalahan atau eror saja tapi sebisa mungkin tidak menimbulkan masalah lain. Terakhir, seorang calon software engineer juga harus bersedia berbagai pengalaman dan pengetahuan untuk kemajuan dirinya sendiri dan orang lain di sekitarnya.

"Enggak takut untuk sharing dan mengajari orang lain kalau kita memang bisa, memberikan pengalaman kita pada orang lain sehingga orang lain bisa belajar dari kita dan kita juga bisa belajar dari orang lain," ujar wanita kelahiran 29 November 1993 itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement