Rabu 21 Jul 2021 09:59 WIB

Belum Sempat Olah Daging Kurban? Coba Resep Ini

Daging bisa diolah tetap sehat dengan cita rasa menggoda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Daging bisa diolah tetap sehat dengan cita rasa menggoda.
Foto: PxHere
Daging bisa diolah tetap sehat dengan cita rasa menggoda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daging sapi seringkali diolah menjadi sajian makanan yang berlemak dan tinggi kalori. Padahal, daging sapi juga bisa disulap menjadi sajian yang lebih sehat dan memiliki cita rasa yang tak kalah menggoda.

Salah satu contohnya adalah sajian sapi pedas manis ala chinese food. Tak hanya kaya rasa dan lebih sehat, kreasi sapi pedas manis ala chinese food ini juga tak membutuhkan waktu lama untuk dimasak.

Baca Juga

Satu porsi sapi pedas manis ala chinese food diperkirakan memiliki kandungan 300 kalori, 13 gram lemak, dan 570 mg sodium. Berikut ini adalah resep sapi pedas manis ala chinese food tersebut untuk empat porsi, seperti dilansir EatThis, Rabu (21/7).

 

BAHAN:

2 sdm kecap asin rendah sodium

2 sdt tepung maizena

12 ons daging sapi, bila memungkinkan potongan flank steak, iris tipis melawan serat

1/2 sdm minyak kacang atau minyak sayur

8 daun bawang, pisahkan hijau dan putihnya, cincang

4 siung bawang putih, iris tipis

2 cangkir jamur, iris tipis

4 cangkir buncis, buang ujungnya

2 sdm saus hoisin

1 sdm sambal cabai bawang putih

 

CARA MEMBUAT:

1. Campurkan kecap asin dan tepung maizena pada sebuah piring datar yang lebar, aduk merata dengan garpu.

2. Masukkan potongan daging ke piring tersebut, aduk sampai semua daging terlapisi oleh campuran kecap asin dan tepung maizena, diamkan selama 10 menit.

3. Panaskan minyak plihan pada sebuah wajan atau saute pan di suhu tinggi. Ketika sudah panas, masukkan bagian putih daun bawang dan juga bawang putih iris, masak selama 30 detik atau sampai wanginya keluar, namun jangan sampai menjadi kecokelatan.

4. Tambahkan jamur dan buncis ke dalam wajan berisi bawang putih dan daun bawang, oseng terus selama 3-4 menit dengan spatula logam.

5. Masukkan daging sapi bersama dengan kecap asinnya ke dalam wajan tersebut, lanjutkan kembali mengoseng selama 3 menit, sampai daging sapi kecokelatan penuh di bagian luarnya.

6. Tambahkan saus hoisin dan cabai bawang putih ke dalam wajan, masak hingga saus menempel dengan ringan di permukaan daging dan sayuran. Sajikan di atas piring dan taburkan bagian hijau daun bawang sebagai pelengkap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement