Rabu 21 Jul 2021 19:41 WIB

Tips Jeli Beli Dekoder untuk TV Digital

Dekoder impor yang belum tentu sesuai standar banyak beredar di pasaran.

Red: Qommarria Rostanti
Ilustrasi TV Digital.
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi TV Digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sedang memigrasikan televisi analog ke siaran televisi digital. Masyarakat yang belum memiliki pesawat televisi digital namun ingin menikmati siaran digital, sebaiknya jeli dalam memilih dan membeli perangkat yang dibutuhkan, yakni set top box atau dekoder.

Wakil Ketua Bidang Regulasi Pemerintah, Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel), Joegianto, mengatakan dekoder impor yang belum tentu sesuai dengan standar di Indonesia beredar di pasaran sehingga masyakarat harus jeli dalam membeli. Perangkat tersebut tetap bisa digunakan untuk menangkap siaran televisi digital, namun mungkin tidak memiliki fitur-fitur yang akan khusus diterapkan di Indonesia, misalnya peringatan dini kebencanaan.

Pemerintah sudah memberikan sertifikasi pada perangkat dari vendor yang sudah memenuhi standar perangkat di Indonesia. Untuk mempermudah masyarakat mengidentifikasi perangkat yang sesuai standar, pemerintah meminta vendor memasang stiker "Siap Digital" pada setiap dekoder yang dijual. Stiker tersebut menandakan bahwa dekoder sudah sesuai dengan standar yang diberikan Kominfo.

Standar teknis yang diterapkan Kominfo untuk dekoder antara lain adalah menggunakan teknologi DVB-T2, wajib memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 20 persen, dan harus memiliki fitur peringatan dini kebencanaan. Joegianto meminta masyarakat betul-betul memperhatikan merek dan spesifikasi yang sesuai dengan standar Kominfo agar tidak keliru membeli set top box.

Jika membeli dari toko daring, perhatikan ulasan dari konsumen dan berapa banyak dekoder yang terjual dari toko tersebut. Daftar merek dekoder yang bersertifikat Kominfo dapat dilihat di situs siarandigital.kominfo.go.id dan aplikasi SIRANI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement