×

Kenali Niche Market dan Cara Memilihnya

Rep: cermati.com / Redaktur: cermati.com

Rabu , 21 Jul 2021, 23:19 WIB
Cermati Cermati
Dengan niche market, pebisnis lebih mudah menguak hal yang dibutuhkan konsumen.

Dalam menjalani sebuah bisnis atau usaha, memiliki target konsumen dengan jumlah masif belum tentu secara otomatis menjanjikan kesuksesan. Ada kalanya, target pasar yang lebih terbatas dan mengerucut mampu memberikan keuntungan lebih besar bagi sebuah bisnis ketimbang menyasar pasar yang luas.

Target pasar yang lebih kecil dan memiliki kebutuhan khusus tersebut dikenal dengan istilah niche market atau pasar terbatas. Jadi, apa sih pengertian niche market ini? Pada dasarnya, pengertian niche market adalah pasar yang memiliki jumlah peminat lebih terbatas serta mempunyai kebutuhan khusus, atau bisa juga disebut dengan ceruk pasar. 

Sebagai contoh, mass market adalah jasa fotografi. Nah, contoh dari niche market adalah jasa fotografi yang secara khusus ditawarkan pada ibu hamil atau dalam istilahnya maternity pregnancy photography. Dari contoh tersebut, dapat dilihat niche market pada jasa fotografi untuk ibu hamil memerlukan kemampuan dan perlengkapan khusus yang mungkin tak dimiliki penyedia jasa fotografi pada umumnya. 

Lalu, mengapa penentuan niche market ini begitu penting bagi sebuah bisnis? Bukankah lebih baik jika pebisnis menyasar pelanggan dari lebih banyak kalangan? Nah, pertanyaan tersebut bisa kamu dapatkan jawabannya pada penjelasan mengenai pengertian niche market, manfaat, serta cara menentukannya bagi bisnis berikut ini.

Baca Juga: Riset Pasar dan Pengaruhnya secara Jangka Panjang

Kenapa Harus Menentukan Niche Market?

ncihe market adalah

Ilustrasi Niche Market

Seorang ahli di bidang marketing, Mark McGuiness, pernah mengemukakan, tak mungkin sebuah produk mampu memenuhi atau melayani kebutuhan serta keinginan semua orang. Melainkan, sebuah produk atau layanan ditawarkan kepada kelompok konsumen tertentu yang benar-benar membutuhkannya. Artinya, menarget niche market adalah upaya menyelesaikan masalah yang dirasakan orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus tersebut. 

Contohnya, jasa fotografi khusus untuk ibu hamil. Para fotografer yang sudah berpengalaman pada jasa tersebut tentu sudah memahami bagaimana postur, angle, dan pencahayaan yang terbaik untuk menghasilkan foto yang mampu bercerita. Alhasil, tak ayal banyak orang rela membayar mahal demi mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Pahami Kondisi Pasar Sebelum Tawarkan Layanan atau Produk

Kamu tentu tidak asing dengan pepatah yang berbunyi “ tak kenal maka tak sayang”. Pepatah tersebut ternyata juga berlaku jika kamu berencana untuk menentukan pasar terbatas yang tepat untuk bisnismu. Dengan begitu, kamu bisa dengan akurat mengenal konsumen melalui produk atau layanan. 

Tawarkan produk yang memang telah memiliki target pasar atau permintaannya tersendiri. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan potensi produk laku terjual dan menyukseskan bisnis. Meski begitu, ada saja pebisnis yang lebih cenderung untuk menciptakan produk yang dibutuhkan oleh banyak orang sekaligus. 

Sebenarnya, menarget pasar secara luas bukanlah hal yang salah untuk dilakukan. Namun, biasanya hal tersebut membutuhkan waktu tak sebentar dan modal penelitian serta pengembangan produk yang tidak sedikit. Jadi, bisa dibilang bahwa menentukan niche market mampu menjadi cara paling efektif dan efisien dalam mengembangkan sebuah usaha. 

4 Alasan Niche Market Perlu Dimiliki oleh Sebuah Usaha

Terdapat 4 alasan mengapa menentukan niche market penting dalam menjalankan sebuah bisnis, tak terkecuali pada industri bisnis online. Keempat alasan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Peluang Mendapatkan Popularitas dan Pengakuan pada Suatu Bidang Lebih Tinggi

    Alasan pertama pasar terbatas perlu ditentukan saat akan menekuni sebuah bisnis adalah peluang untuk mendapatkan popularitas serta pengakuan menjadi lebih mudah dan tinggi. Sebagai contoh, kamu sudah beberapa tahun menekuni bisnis jasa fotografer untuk ibu hamil atau maternity photography. 

    Nah, karena sudah lama berkecimpung dalam layanan tersebut, kamu tentu akan selalu dicari oleh konsumen yang membutuhkan jasa tersebut. Jadi, kamu pun tak perlu lagi repot menawarkan jasa tersebut ke calon konsumen karena sudah memiliki nama atau pengakuan dari pasar tersebut.

    Hal tersebut juga bisa diaplikasikan saat kamu memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis online. Dengan menawarkan produk atau jasa pada niche market tertentu, misalnya, produk bayi, konsumen akan langsung merujuk ke bisnismu jika membutuhkannya. 

  2. Lebih Berpotensi untuk Mendapatkan Rate Fee atau Bayaran Lebih Mahal

    Hukum berbisnis yang paling sederhana namun penting dipahami adalah layanan atau produk yang masih langka dan belum banyak ditawarkan pasti akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Hal ini terjadi akibat jumlah permintaan yang melebihi jumlah persediaan atau supply. Alhasil, untuk menyiasati keterbatasan dari produk tersebut, harga jualnya akan dijadikan semakin mahal. 

    Di sisi lain, karena jumlah permintaan atau demand produk cukup tinggi padahal supply atau persediaannya tak mencukupi, jumlah pesanan yang masuk juga pasti akan menjadi besar. Inilah yang membuat mengapa niche market perlu ditentukan oleh sebuah bisnis karena dapat menjadi alasan untuk selalu mendapatkan pesanan atau penjualan. 

  3. Mampu Menikmati Profesi atau Pekerjaan

    Memilih niche market yang tepat bukan hanya sekadar melihat potensi pasar yang menjanjikan saja. Namun juga perlu mempertimbangkan passion atau minat dari si pebisnis itu sendiri. Dalam kata lain, usahakan untuk memilih niche market dalam berbisnis pada bidang yang kamu sukai dan ingin layani. 

    Jadi, kamu pun bisa menentukan jenis konsumen yang ideal untuk dilayani. Hal ini secara tidak langsung akan membuatmu lebih betah dan mampu menikmati pekerjaan tersebut dengan sepenuh hati. Mengembangkan bisnis pun akan terasa lebih mudah dan menyenangkan serta tidak gampang merasa bosan hingga muncul keinginan untuk berhenti berbisnis.

  4. Lebih Mudah dalam Memasarkan Produk atau Jasa

    Melalui penentuan niche market, pebisnis akan lebih mudah dalam menguak hal yang dibutuhkan oleh konsumennya. Pertimbangan yang biasanya dipikirkan oleh pembeli pun biasanya bisa diketahui oleh pengusaha yang memiliki niche market tertentu. Nah, dari informasi tersebut pengusaha mampu menentukan strategi pemasaran yang terbaik serta menggunakan bahasa komunikasi yang paling efektif dalam menawarkan produk atau layanannya kepada para calon konsumen bisnisnya. 

Baca Juga: Pengertian Pasar Monopoli Beserta Keuntungan dan Kekurangannya

Cara Menentukan Niche Market

  • Tentukan niche market sesuai dengan passion atau minat.
  • Pastikan bahwa niche market yang dipilih mampu menawarkan keuntungan yang menjanjikan. Caranya bisa melalui pemilihan target konsumen yang rela membayar mahal untuk produk atau layanan yang ditawarkan dan memiliki jumlah konsumen potensial yang cukup besar. 
  • Pilih orang yang bisa atau cocok untuk kamu layani. 
Dengan mempertimbangkan ketiga hal di atas, dijamin pasar terbatas yang dipilih mampu memberikan manfaat yang telah disebutkan sebelumnya. 

Cara Memastikan Pasar Terbatas yang Dipilih Menguntungkan

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah niche market yang dipilih memberikan keuntungan atau tidak. Beragam cara untuk memastikan keuntungan dari pasar terbatas yang dipilih tersebut adalah sebagai berikut.

  • Tes pada pasar dengan mencari sampel beberapa konsumen yang bersedia membeli produk atau jasa. Pastikan orang yang dipilih sebagai sampel tersebut bukanlah orang yang dikenal agar hasilnya lebih akurat dan tidak bias.
  • Cari tahu kondisi persaingan atau bisnis kompetitor.
  • Cari sumber informasi, baik buku atau majalah nonfiksi yang berkaitan dengan topik pembahasan niche market atau produk dalam bisnis.
  • Temukan produk digital yang telah lebih dulu ada.
  • Pastikan produk benar-benar mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh target konsumen.
  • Lakukan riset dengan menentukan tujuan yang ingin diraih. 
Dengan melakukan hal-hal tersebut, kamu akan lebih memahami apakah niche market pada bisnis yang dipilih tepat dan mampu memberikan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. 

Saring Konsumen yang Potensial 

Itulah penjelasan mengenai manfaat menentukan niche market saat menjalankan sebuah usaha. Perlu disadari bahwa penentuan niche market ini bukan membatasi potensi keuntungan yang mampu didapatkan oleh bisnis, namun mengarah pada pengoptimalan penjualan. Terlebih dalam industri bisnis online di mana konsumen berdatangan dari kalangan, kebutuhan, dan latar belakang yang berbeda-beda, melalui niche market kamu bisa lebih maksimal menyaring konsumen potensial untuk berbelanja produk atau layanan yang ditawarkan. 

Baca Juga: 10 Situs Survey Berbayar Online ini Bisa Kasih Anda Banyak Uang

 

Tags :

 
Play Podcast X