Kamis 22 Jul 2021 11:42 WIB

Anak di Bawah 12 Tahun di AS akan Segera Vaksinasi Covid-19

Moderna dan Pfizer-BioNTech meluncurkan uji coba vaksin Covid-19 untuk anak

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nur Aini
Vaksinasi anak di bawah 12 tahun (ilustrasi).
Foto: Pixabay.
Vaksinasi anak di bawah 12 tahun (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden optimistis anak-anak berusia di bawah 12 tahun akan segera memenuhi syarat untuk vaksinasi Covid-19. Ia mendesak warganya mendapatkan suntikan vaksin karena virus melonjak di seluruh AS. 

Biden mengatakan anak di bawah 12 tahun dapat divaksin pada Agustus atau paling lambat di musim gugur. Untuk saat ini, mereka tidak memenuhi syarat untuk tiga jenis vaksin virus corona yang tersedia di AS.

Baca Juga

Pekan lalu, seorang pejabat FDA mengatakan persetujuan vaksin Covid-19 untuk anak di bawah 12 tahun bisa datang pada pertengahan musim dingin. Moderna dan Pfizer-BioNTech meluncurkan uji coba vaksin Covid-19 untuk anak-anak di bawah 12 tahun pada bulan Maret. Hasil penelitiannya diharapkan keluar pada musim gugur. 

"Mereka tidak menjanjikan saya tanggal tertentu, tetapi harapan saya sesuai dengan hasil para ilmuwan. Mungkin di awal tahun ajaran, pada akhir Agustus, awal September, Oktober, Anda akan mendapatkan persetujuan akhir untuk memvaksinasi anak-anak," kata Biden dilansir dari the Guardian pada Kamis (22/7).

Namun, Biden menekankan keputusan akhir berada di tangan pejabat di FDA dan CDC. Ia mempersilahkan para peneliti menuntaskan studinya.

"Saya tidak memberi tahu ilmuwan apa pun yang harus mereka lakukan. Saya tidak ikut campur," ujar Biden. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement