Jumat 23 Jul 2021 02:16 WIB

Judul Lagu Pakai Emoji, Coldplay Tersandung di Streaming

Platform streaming tak memakai emoji untuk menampilkan judul lagu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Chris Martin, vokalis Coldplay. Ada lima lagu baru Coldplay yang judulnya hanya berupa emoji.
Foto: EPA
Chris Martin, vokalis Coldplay. Ada lima lagu baru Coldplay yang judulnya hanya berupa emoji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Coldplay telah mengumumkan album baru Music Of The Spheres pada Selasa (20/7). Uniknya, beberapa lagu mereka hanya diberi judul dengan emoji.

Sepertinya, itu akan menyebabkan masalah pada layanan streaming musik. Seperti yang ditampilkan di situs Coldplay, Track 1 diberi judul dengan emoji Ringed Planet, Track 4 dengan emoji Sparkles, Track 6 dengan emoji Red Heart, Track 9 dengan emoji Globe Showing Americas, dan Track 11 dengan emoji Infinity.

Baca Juga

Persoalannya, orang tidak memakai emoji ketika mencari lagu agar muncul di layanan streaming. Apalagi, Apple Music saat ini menunjukkan judul yang ditulis dengan karakter Unicode, bukan emoji.

Emoji adalah grafik yang bisa menggantikan karakter Unicode yang sesuai. Misalnya, emoji "Wajah Menyeringai" sesuai dengan karakter Unicode U+1F600.

Judul Apple Music untuk lagu-lagu baru Coldplay itu (di situs web Apple Music dan di aplikasi Apple Music for Mac), masing-masing adalah “⦵”, “*✧”, “♡”, “❍”, dan “∞”. Menariknya, itu semua adalah representasi visual emoji yang cukup akurat, tapi tidak ada satupun yang benar-benar sesuai dengan karakter Unicode yang seharusnya mewakili emoji yang digunakan dalam judul lagu yang sebenarnya (seperti yang terlihat di situs web Coldplay).

Jadi, secara teknis, judul Apple Music terlihat mirip dengan judul aslinya, tetapi sebenarnya salah. Kembali pada Mei lalu, dilansir dari Uproxx, Chris Martin mengungkapkan, Coldplay mengalami masalah dengan layanan streaming dan judul lagu emoji.

“Kami sedang mencoba untuk mencari tahu sekarang. Kami sedang mencoba untuk memiliki album pertama dengan beberapa lagu dengan judul menggunakan emoji, tetapi terbukti rumit pada semua penyedia layanan streaming. Beberapa dari mereka berkata, 'Kami tidak bisa melakukan itu'. Mereka memiliki 10 juta lagu dalam satu aplikasi,” ungkap Chris saat itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement