Jumat 23 Jul 2021 21:41 WIB

Instagram Sediakan Fitur Terjemahan untuk Stories

Opsi terjemahan saat ini tersedia dalam lebih dari 90 bahasa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: flickr
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Instagram sedang berupaya mendobrak kendala bahasa di platform. Kini, Instagram menghadirkan opsi baru untuk format Stories-nya. Pengguna yang melihat Story dengan teks akan dapat menerjemahkan teks yang ditampilkan dalam video ke bahasa lain.

Dilansir dari Malay Mail, Jumat (23/7), Instagram telah mengumumkan opsi baru untuk format Stories-nya untuk membantu pengguna menerjemahkan konten ke dalam bahasa yang berbeda. Opsi “See Translation” akan menggabungkan efek dan musik yang digunakan dalam story untuk ditampilkan di kiri atas layar. Opsi terjemahan saat ini tersedia dalam lebih dari 90 bahasa dan diharapkan akan diluncurkan secara global.

Baca Juga

Saat Anda menonton story dengan teks, Anda akan mendapatkan pemberitahuan “See Translation” jika bahasa yang Anda setel berbeda dari yang ada di story. Ketika bahasa yang berbeda dari yang dipilih di pengaturan telepon pengguna terdeteksi di Instagram Stories, opsi terjemahan akan tersedia. Pengguna cukup mengklik “See Translation” untuk melihat teks Story yang diterjemahkan ke dalam bahasa pilihan mereka.

Untuk saat ini, hanya teks tertulis yang ditampilkan dalam sebuah Story yang dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, bukan audio. Namun, tidak mengherankan apabila melihat fitur ini disesuaikan dengan audio dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Seperti banyak jejaring sosial, Instagram baru-baru ini menggandakan fitur yang berkaitan dengan audio di platform. Setelah meluncurkan teks otomatis untuk format IGTV pada September 2020, jejaring sosial tersebut meluncurkan fitur yang sama untuk Stories pada Mei 2021, sambil juga menyarankan bahwa video di umpan pengguna suatu hari nanti dapat memperoleh manfaat dari fungsi yang sama.

Ini adalah tren yang menggarisbawahi upaya yang dilakukan oleh banyak jejaring sosial untuk membuat platform ramah bagi semua pengguna, sebagai tempat yang lebih mudah diakses dan inklusif. Opsi ini juga dapat membantu kampanye iklan dari suatu merek dan influencer menjangkau khalayak yang lebih luas.

Terjemahan otomatis teks dalam postingan, keterangan dan profil sudah tersedia di Instagram.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement