×

Perjalanan Karier Seohyun SNSD

Rep: cermati.com / Redaktur: cermati.com

Sabtu , 24 Jul 2021, 10:06 WIB
Seohyun SNSD Seohyun SNSD
Seo Ju-hyun atau biasa dikenal sebagai Seo Hyun SNSD adalah sosok berbakat

Bagi para penggemar K-Pop dan K-Drama, pasti sudah tak asing lagi dengan sosok cantik yang satu ini. Menjadi bintang dari Korea Selatan, nama Seo Hyun (Seo Joo Hyun) pertama dikenal sebagai member dari SNSD (Girls Generation/ GG).

Bersama SNSD/ GG, Seo Hyun berhasil melakukan debut perdananya pada Agustus 2007 lalu dan meraih sukses besar. Namun tak hanya mahir olah vokal dan menari, Golden Maknae kelahiran Guro-dong, Seoul, pada 28 Juni 1991 ini juga merambah dunia akting sejak tahun 2014. 

Peraih SBS Drama Award for Special in Acting genre Fantasy Drama ini telah membintangi deretan judul film dan serial drama. Selain film Bad Thief, Good Thief, Wanita yang kini mengantongi kekayaan sebesar 1,4 juta Dollar AS (Rp19,6 miliar) ini juga bermain dalam Ruby Ruby Love di tahun 2017 dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Sukses Berbisnis di Dunia Fashion, Begini Kisah Jessica Jung yang Kian Bersinar Setelah Hengkang dari SNSD

Kantongi Income Paling Tinggi Bersama SNSD (Girls Generation/ GG)

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by SEOHYUN 서현 (@seojuhyun_s)

Bersama Seo Hyun, SNSD (GG) berhasil menorehkan begitu banyak prestasi dan menduduki puncak ketenaran. Tak hanya populer di negaranya sendiri, girl band besutan SM Entertainment ini berhasil menjadi pelopor bangkitnya K-Pop ketika itu. 

Seo Hyun bersama SNSD (GG) berhasil menjadi salah satu girl band terbaik dari Korea Selatan. Bersama Jessica, Taeyeon, Tiffany, Sunny, Hyoyeon, Sooyoung, Yoona, dan Yuri, Seo Hyun meraih penghargaan yang tak terhitung banyaknya, seperti Mnet Asian Music Award (2011) dan Golden Disk Award Song Division di tahun 2009, 2012, dan 2016.

Menjadi Hallyu Star yang paling berpengaruh, media internasional bahkan melontarkan banyak pujian dan menyebut SNSD sebagai girl band fenomenal yang merajai Asia. Nama SNSD selalu menjadi bagian dari top ten Forbes Korea Power Celebrity selama enam tahun berturut-turut (2010-2016).

Meraih Japan Record Award untuk Artis Pendatang Baru (2010), Seo Hyun bersama SNSD (GG) mengantongi lebih dari 60 juta Dollar AS dari 2009 sampai 2011, dengan untung bersih mencapai 20 juta Dollar AS. Oleh karenanya, SNSD (GG) menjadi girl band yang pendapatannya paling besar dari SM Entertainment.

Populer dan Sarat Prestasi

Di awal kemunculannya, SNSD langsung meraih Golden Disk New Rising Star Award untuk genre Musik Digital di tahun 2007. Lagu Run Devil Run berhasil memenangkan Disk Daesang dari Golden Disk Award 2010, yang kemudian disusul dengan Penghargaan Korean Wave dari Music Seoul Award 2011.

Pada tahun 2011, 2013 dan 2015, SNSD berhasil menyabet trofi Grup Wanita Terbaik dari Mnet Asian Music Award. Menyusul di tahun 2014, 2015 dan 2018, SNSD lagi-lagi memenangkan Golden Disk Award untuk kategori Divisi Album.

SNSD yang telah mencetak begitu banyak hits di Korea Selatan, Jepang dan Negeri Tiongkok ini juga meraih Piala Popularitas Penghargaan Musik Seoul di tahun 2010, 2011 dan 2012, menjadi Artist of the Year versi Melon Music Award di tahun 2009 dan 2010 serta lainnya. 

Menjadi Leader Sub Unit TTS

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by SEOHYUN 서현 (@seojuhyun_s)

Menyusul kesuksesan SNSD (GG), Seo Hyun bersama Taeyeon dan Tiffany lantas membentuk sub unit girl band bernama TTS. Masih bekerja di bawah naungan SM Entertainment, mereka merilis mini album bertajuk Twinkle di tahun 2012.

Jika di SNSD Seo Hyun menjadi Golden Maknae yakni anggota paling muda namun berbakat luar biasa, maka di TTS ia dipercaya menjadi leader. Bersama TTS, Seo Hyun yang tinggi tubuhnya mencapai 168 cm ini memenangkan 20’s Trendy Music dari Mnet 20’s Choice Awards.

Trio dengan visual cantik, olah vokal kuat dan kemampuan dance yang luar biasa itu juga meraih Top 10 Artists - #9 dari Soompi Gayo Awards. Adapun dari Gaon Chart K-Pop Awards, mereka meraih Song of the Year Award (Digital Award) dan Album of the Year Award.

Baca Juga: Fashion Ala K-pop Idol yang Paling Banyak Ditiru oleh Para Kpopers

Cantik dan Pintar dengan IQ Tinggi

Di tahun 2018, Seo Joo Hyun ditunjuk untuk menjadi Brand Ambassador pemersatu dunia pendidikan Negeri Ginseng. Ia juga kemudian menjadi Duta Besar Niat Baik bersama Yeosu Expo.

Tak hanya itu saja, namanya tercatat sebagai mahasiswi berprestasi dengan skor IQ yang tinggi. Ia juga disebut telah mengharumkan nama kampusnya, yakni Universitas Dongguk. Di Fakultas Seni perguruan tinggi tersebut, Seo Joo Hyun menempuh pendidikan seni peran guna mengembangkan kemampuan aktingnya.

Kerap mendukung penuh eksistensi kampus, Seo Ju-hyun pernah mengucurkan dana amal sebesar Rp1,1 miliar (100 juta Won) untuk keperluan beasiswa. Publik juga mengetahui kemurahan hatinya ketika ia melangsungkan lelang barang-barang untuk donasi anak-anak yang mengungsi dari Suriah.

Terjun ke Industri Perfilman dan Akting

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by SEOHYUN 서현 (@seojuhyun_s)

Seo Hyun telah memulai perjalanan karier aktingnya di tahun 2014. Sejak saat itu ia telah bermain untuk sejumlah drama musikal di panggung theater, seperti Gone with the Wind, Moon Embracing the Sun, hingga Mamma Mia!.

Kemampuan aktingnya kian diperhitungkan dan tak hanya menarik perhatian, terutama setelah penampilannya sebagai pemeran utama dalam Mamma Mia!. Laris manis, drama musikal tersebut diketahui menampilkan lebih dari 20 lagu hits milik ABBA.

Selain itu, pertunjukan tersebut juga telah disaksikan lebih dari 50 ribu penonton di Korea. Di ranah mancanegara, drama musikal tersebut berhasil menyedot lebih dari 55 juta orang penonton internasional.

Dengan kariernya yang kian bersinar, Seo Hyun lantas membintangi berbagai judul film dan juga serial drama. Di antaranya seperti sageuk drama berjudul Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Kini ia telah bergabung dengan berbagai agensi akting Sublime Artist Agency hingga Namoo Actors.

Dengan skill akting yang mumpuni, Seo Ju-hyun telah membuktikan dirinya ialah aktris dan penyanyi cantik yang multitalenta. Tak hanya membintangi Despicable Me 2, ia juga menghibur para fans dalam So I Married An Anti-Fan, Private Lives, Hello Dracula, The Time, Unstoppable Marriage, dan lainnya.

Rilis Solo Album Sebagai Solois

Di tahun 2017, Seohyun yang belakangan memilih hengkang dari SM Entertainment dan keluar dari SNSD (GG) ini juga berhasil merilis album solo perdananya. Menampilkan lagu andalan Don’t Say No, Seohyun tak hanya terlibat dalam penggarapan konsep aransemen. Ia juga berkontribusi besar dalam penciptaan lagu-lagu dalam albumnya.

Mengusung tema percintaan yang girlie, album tersebut tak hanya menampilkan kemampuan olah vokal dan suara Seohyun yang semakin matang. Bintang cantik ini pun menyuguhkan tujuh lagu seperti Magic, Love and Affection, Hello, Bad Love, Lonely Love hingga Moonlight.

Meramu genre Pop, R&B dan sentuhan Funk, ia juga menggandeng Eric Nam untuk kolaborasi di lagu Hello dan berhasil merebut perhatian para penggemar mereka.

Selalu All Out dalam Setiap Kesempatan

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by SEOHYUN 서현 (@seojuhyun_s)

Kinerja dan kerja keras Seohyun sudah tak perlu diragukan lagi. Tak hanya berhasil sukses sebagai bagian dari tim bersama SNSD (GG), wanita yang anti kontroversi ini juga terus bertumbuh sebagai individu dan berhasil meraih kesuksesannya sendiri. Ia tak hanya sukses di dunia akting, tapi juga sukses menapaki kariernya sebagai penyanyi solo. 

Dikenal all out, Seohyun tampaknya senang memberi tantangan kepada diri sendiri, mencoba hal baru dan berani keluar dari zona nyamannya. Ia terus mengasah kemampuan aktingnya dan mencoba berbagai peran, termasuk memerankan lesbian dalam Hello Dracula hingga menjadi penipu dalam Private Lives.

Tak diragukan lagi bahwa terus belajar, menambah skill serta mengembangkan diri hingga total mandiri dapat menjadi kunci kesuksesan bagi seseorang. Demikian juga seperti perjalanan karier Seohyun yang inspiratif dan mengagumkan. Dengan memberikan usaha yang terbaik di setiap kesempatan, niscaya hasil kita pun dapat gemilang dan memuaskan.

Baca Juga: Artis-Artis Sukses Korea Selatan ini Ternyata Juga Bisa Sukses Jadi Pebisnis

 
 
Play Podcast X