Sabtu 24 Jul 2021 10:20 WIB

Riau Ega/Diananda ke Perempat Final Panahan Secara Dramatis

Ega/Diandra mengalahkan unggulan dari Amerika Serikat 5-4 untuk lolos ke 8 besar.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Pepanah Indonesia Riau Ega Agatha (ilustrasi)
Foto: REUTERS/Yves Herman
Pepanah Indonesia Riau Ega Agatha (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Tim campuran panahan Indonesia Riau Ega Agatha Salsabila/Diananda Choirunisa berhasil lolos ke perempat final Olimpiade 2020 secara dramatis. Ega/Diananda menumbangkan wakil Amerika Serikat (AS) Mackenzie Brown dan Brady Ellison yang merupakan unggulan kedua dengan skor 5-4 pada babak 16 besar di Yumenoshima Park Archery Field, Sabtu (24/7) pagi WIB.  Hasil ini membuat tim campuran Indonesia melenggang ke perempat final menghadapi wakil Turki yang baru mengalahkan Rusia. 

Mackenzie Brown dan Brady Ellison lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat kedua dengan torehan 1.350 poin. Ellison bahkan berstatus peringkat dua, sedangkan Ega ada di urutan ke-15 saat kualifikasi penentuan peringkat. Sementara di sektor putri, Brown juga berstatus peringkat kedua sedangkan Diananda terpaut jauh di posisi ke-40 dalam penentuan peringkat. 

Baca Juga

Selain itu, Elisson sudah menyandang tiga medali yang terdiri dari dua perak dan satu perunggu di Olimpiade Rio 2016. Ia juga pernah menyabet medali perak di Olimpiade London 2012. Pemanah berusia 32 tahun itu juga pernah memecahkan rekor torehan 702 poin saat babak penentuan rangking tunggal putra pada Pan American Games 2019. 

Namun, hal tersebut ternyata tidak menyurutkan semangat wakil Indonesia yang mengirim wakilnya di tiga nomor perlombaan, yakni perorangan putri dan putra serta beregu campuran. 

Ega/Diandra membuat start bagus dengan unggul 37-34 pada babak pertama. Keunggulan berlanjut pada babak kedua dengan skor 36-33. SKor 4-0 membuat kemenangan di depan mata.

Namun wakil AS comeback. Pada babak ketiga, Ellison/Brown mempertipis skor menjadi 2-4 lewat kemenangan 34-33. Mereka akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 4-4 setelah merebut babak keempat kembali dengan skor tipis 37-36.

Namun di babak penentuan atau shoot out, Indonesia berjaya. Pasangan Indonesia mencetak poin sempurna 20, sementara lawannya 18. Ini membuat Ega/Dianana menang 5-4.

Riau Ega akan kembali tampil di babak 16 besar beregu putra bersama Alviyanto Bagas Prastyadi, dan Arif Dwi Pangestu melawan wakil Inggris pada 26 Juli mendatang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement