Senin 26 Jul 2021 10:34 WIB

Teknologi Canggih di Balik Ajang Olimpiade Tokyo

Ada berbagai sentuhan teknologi digital paling mutakhir di ajang Olimpiade Tokyo.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Kontingen Indonesia mengikuti defile dalam pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional Jepang,Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021).
Foto:

Dampak pada permainan Teknologi yang dihadirkan da lam berbagai cabang olahraga, ter nyata mampu mengubah berbagai cara permainan. Hawk-Eye Inno vations, bagian dari Sony Group, telah menyediakan layanan Elec tronic Line Calling ke lebih dari 80 turnamen tenis di seluruh dunia.

Electronic Line Calling menggunakan kamera pelacak bola dengan akurasi milimeter untuk meng identifikasi apakah sebuah bola masuk atau keluar. Layanan ini, menghilangkan keraguan dari munculnya close line calls yang kerap menjadi "tantangan" dalam permainan tenis.

Selain itu, alat digital juga lazim digunakan dalam mengelola pengondisian atletik. Aplikasi manajemen kesehatan One Tap Sports, da ri perusahaan Euphoria yang ber basis di Tokyo, telah digunakan oleh lebih dari 45 persen atlet Jepang yang kini ambil bagian dalam Olimpiade Tokyo.

Para atlet mengetikkan kondisi kesehatan, cedera yang dialami, makanan, dan pelatihan mereka setiap hari. Beragam data tersebut, dapat dilihat oleh pelatih dan ahli gizi melalui grafik dan bagan. Di Jepang, aplikasi ini telah di terima oleh 1.700 tim di 71 olahraga yang berbeda, termasuk tujuh tim bisbol pro dan 47 tim sepak bola.

Penyebaran penggunaan data da lam olahraga ini, diyakini dapat ber dampak pada generasi atlet pe serta Olimpiade masa depan. Di Jepang, TrackMan juga di gu nakan di fasilitas latihan golf. Tepatnya, untuk mengukur rotasi bola pegolf nonprofesional. Perusa ha an telekomunikasi Jepang KDDI juga telah mengembangkan bola bisbol yang disematkan sensor se bagai pengukur kecepatan putaran dan pergerakan bola.

 

Dengan harga di bawah 300 dolar Amerika Serikat (AS), per usahaan berharap, sensor ini dapat digunakan secara luas oleh tim bisbol anak-anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement