Senin 26 Jul 2021 07:31 WIB

Situs Jalan dan Taman Spanyol Masuk Warisan Dunia UNESCO

Jalan Paseo del Prado dan Taman Retiro Spanyol masuk daftar situs warisan dunia

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Paseo del Prado Madrid Spanyol masuk warisan dunia UNESCO
Foto: Wikipedia
Paseo del Prado Madrid Spanyol masuk warisan dunia UNESCO

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID – UNESCO telah memasukkan jalan raya Paseo del Prado dan Taman Retiro di Madrid, Spanyol, dalam daftar situs warisan dunia pada Ahad (25/7). Pemerintah Spanyol menyambut keputusan tersebut.

 

Baca Juga

Paseo del Prado yang ditumbuhi pepohonan adalah rumah bagi museum Prado. Sementara Taman Retiro, yang lokasinya tak jauh dari Paseo del Prado, adalah salah satu daya tarik kota Madrid yang paling banyak dikunjungi.

Pada mulanya, El Retiro (“The Retreat”) adalah istana dan taman yang dibangun untuk penggunaan pribadi Raja Felipe IV pada abad ke-17. Saat ini, ruang hijau dengan danau berperahu di tengah kota Madrid itu menjadi objek wisata yang tak hanya dinikmati turis lokal, tapi juga mancanegara.

Wali Kota Madrid Jose Luiz Martinez menyambut gembira keputusan UNESCO mencantumkan dua objek tersebut sebagai situs warisan dunia. “Bangga dengan kota kami, dan bahagia untuk Spanyol serta warisan ibu kotanya,” ucapnya.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez turut gembira atas keputusan UNESCO. “Pengakuan yang pantas untuk sebuah ruang di ibu kota yang meningkatkan warisan sejarah, seni, dan budaya kita,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement