Senin 26 Jul 2021 17:41 WIB

5 Kondisi Kesehatan yang Tercermin dari Mulut dan Gigi

Kesehatan seseorang bisa terlihat dari kondisi mulut dan giginya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan gigi. Ada beberapa kondisi kesehatan serius yang dapat diketahui hanya dengan melihat kondisi mulut dan gigi.
Foto: Rivan Awal Lingga/ANTARA
Pemeriksaan gigi. Ada beberapa kondisi kesehatan serius yang dapat diketahui hanya dengan melihat kondisi mulut dan gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senyum dapat mengungkapkan banyak hal tentang seseorang. Di samping itu, para ahli juga memperingatkan bahwa gigi yang tampak seputih mutiara pun dapat menjadi salah satu indikator kesehatan yang buruk.

Entah itu mulut kering atau gigi sensitif, hal tersebut juga merupakan tanda kesehatan yang buruk. Layanan Kesehatan di Inggris (NHS) menyatakan perlunya merawat gigi dan gusi dengan menyikat gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi berfluoride.

Baca Juga

Untuk melindungi gigi, orang juga dapat mengurangi gula dan makanan olahan. Hal itu baik untuk gigi, gusi, dan mulut serta bagian tubuh lainnya. Menurut para ahli di Express Dentist, dikutip The Sun, Senin (26/7), ada beberapa kondisi kesehatan serius yang dapat diketahui hanya dengan melihat kondisi mulut dan gigi.

1. Gangguan makan dan email gigi

Gangguan makan disertai muntah dan naiknya asam lambung dapat melarutkan lapisan email yang keras. Email gigi adalah lapisan paling luar pada gigi yang melindungi bagian-bagian lain dari gigi.

Anda perlu mewaspadai perubahan warna, bentuk, kebeningan, atau sensitivitas gigi. Sebab, semua itu memberikan petunjuk tentang masalah mendasar yang dapat menyebabkan pembusukan luas dan kehilangan gigi dari waktu ke waktu.

2. Anemia dan gusi pucat

Para ahli mengatakan bahwa gusi pucat dapat disebabkan oleh anemia, umumnya karena kekurangan zat besi. Beberapa orang memiliki variasi warna gigi. 

Kondisi yang paling mengkhawatirkan adalah gusi bengkak, ulseratif, atau nyeri. Penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui masalah sistemik yang mendasarinya.

3. Osteoporosis

Kesehatan tulang merupakan hal sangat penting dan kecukupan asupan kalsium perlu dipastikan. Tulang di sekitar gigi menyediakan pondasi yang menopangnya. Dokter gigi dan ahli kesehatan dapat mencurigai perubahan sistemik dalam kepadatan tulang karena osteoporosis.

Gigi yang bergerak lebih dari rata-rata selama pemeriksaan dapat memberikan petunjuk awal untuk kondisi progresif ini. Ahli sering merekomendasikan tes kepadatan tulang dalam kasus tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement