Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Hukum Menikah dengan Orang yang Pernah Berzina

Selasa 27 Jul 2021 05:15 WIB

Red: Ani Nursalikah

Hukum Menikah dengan Orang yang Pernah Berzina

Hukum Menikah dengan Orang yang Pernah Berzina

Foto: Pixabay/Roger Purdie
Disarankan kepada wanita yang hendak dilamar tersebut melakukan shalat istikharah.

REPUBLIKA.CO.ID,

Pertanyaan:

Assalamu ‘alaikum wr.wb.

Baca Juga

Saya mau tanya ustadz, sekarang saya bertunangan dengan laki-laki dan dia pernah berzina bukan sesekali saja, tetapi beberapa kali. Jika nanti saya mau menikah, saya takut tidak siap melaksanakan kewajiban saya sebagai seorang istri, takut jika dalam melayani suami, saya tidak bisa, karena teringat masa lalu calon suami saya yang pernah berzina, lalu apa yang harus saya lakukan, membatalkan pertunangan saya atau bagaimana? Apa hukum menikah dengan laki-laki yang pernah berzina dengan orang lain?

Terima kasih.

Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

AA, dengan alamat diketahui Tim Fatwa (Disidangkan pada Jumat, 13 Jumadilakhir 1441 H / 7 Februari 2020 M)

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang saudari AA ajukan kepada kami, semoga jawaban yang kami berikan dapat memberikan pencerahan terhadap persoalan yang saudari alami. Sebenarnya pertanyaan yang saudari ajukan mengenai berzina sebelum menikah sudah pernah diulas sebelumnya pada buku Tanya Jawab Agama  jilid 2 halaman 154-155. Namun, kami akan mengulasnya kembali serta melengkapi jawaban dari pertanyaan tersebut.

Terdapat pengharaman hukum menikah dengan laki-laki yang pernah berzina dengan orang lain. Pengharaman menikah dengan pezina terdapat dalam ayat 3 surah an-Nur (24),

الزَّانِي لَا يَنكِحُ إِلَّا زَانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً وَالزَّانِيَةُ لَا يَنكِحُهَا إِلَّا زَانٍ أَوْ مُشْرِكٌ ۚ وَحُرِّمَ ذَٰلِكَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ .

Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mukmin.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA