Selasa 27 Jul 2021 05:25 WIB

Pola Makan Terbaik untuk Cegah Penyakit Jantung

Pola makan seperti apa yang baik untuk kesehatan jantung?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Diet (ilustrasi). Memerhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi merupakan pedoman utama dalam diet untuk kesehatan jantung.
Foto:

Diet kaya karbohidrat dalam studi ini mirip dengan diet DASH, yakni konsumsi menu kaya biji-bijian, pati, dan gula yang membentuk hampir 60 persen kalorinya. Sementara, pada penerapan diet kaya protein, 10 persen kalori dari karbohidrat diganti dengan protein.

Untuk sesi diet kaya lemak, sebanyak 10 persen kalori dari karbohidrat diganti dengan lemak tak jenuh yang ditemukan pada ikan, kacang-kacangan, dan alpukat. Menurut Juraschek, hasil akhir studinya bisa mengurai banyak perdebatan tentang karbohidrat dan lemak makanan.

"Pesan dari data kami jelas, yakni bahwa makan makanan seimbang yang kaya buah dan sayuran, daging tanpa lemak, dan serat tinggi tidak hanya membantu menanggulangi faktor risiko kardiovaskular, tetapi juga mengurangi cedera langsung pada jantung," tuturnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِلٰى ثَمُوْدَ اَخَاهُمْ صٰلِحًاۘ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗۗ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْۗ هٰذِهٖ نَاقَةُ اللّٰهِ لَكُمْ اٰيَةً فَذَرُوْهَا تَأْكُلْ فِيْٓ اَرْضِ اللّٰهِ وَلَا تَمَسُّوْهَا بِسُوْۤءٍ فَيَأْخُذَكُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ
Dan kepada kaum Samud (Kami utus) saudara mereka Saleh. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah! Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Ini (seekor) unta betina dari Allah sebagai tanda untukmu. Biarkanlah ia makan di bumi Allah, janganlah disakiti, nanti akibatnya kamu akan mendapatkan siksaan yang pedih.”

(QS. Al-A'raf ayat 73)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement