Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Ponsel Mana Dulu yang akan Dapat Pembaruan Android 12?

Selasa 27 Jul 2021 13:13 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Desain Android 12

Desain Android 12

Foto: cnn
Android 12 akan membawa banyak fitur dan peningkatan baru ke OS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peluncuran versi terbaru dari OS seluler Google, Android 12 sudah dekat. Google mengharapkan perangkat lunak tersebut menjadi versi tercepat dan terhalus.

Saat ini, Android 12 dalam tahap akhir pengembangan beta. Meskipun Google belum mengumumkan tanggal rilis resmi, CNET memperkirakan Android 12 akan dirilis pada Agustus atau September.

Saat peluncuran, hanya beberapa model terpilih yang akan bisa mendapatkannya. Agar memenuhi syarat untuk peningkatan di kemudian hari, setiap handset harus memenuhi persyaratan perangkat keras.

Baca Juga

Menurut Google, dilansir dari CNET, Selasa (27/7), untuk mendapatkan hasil maksimal dari Android 12, perangkat harus memenuhi syarat sebagai class performa. Khusus, untuk Android 12, handset memerlukan kualifikasi minimum class performa 12. Class performa menentukan serangkaian kemampuan perangkat yang melampaui persyaratan dasar Android.

Google akan mengutamakan Pixel

Keuntungan terbesar dari membeli ponsel Google Pixel adalah janji pembaruan tepat waktu. Google telah berjanji untuk menyediakan pembaruan OS Android selama tiga tahun untuk setiap handset Pixel. 

Itu berarti Pixel 3 dan Pixel 3 XL, yang diluncurkan pada 2018, adalah ponsel Pixel tertua yang bisa mendapatkan Android 12. Semua handset Google yang lebih baru juga memenuhi syarat, termasuk Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4, Pixel 4 XL, Pixel 4a (5G) dan Pixel 5.

Ponsel Samsung

Detail untuk peluncuran Android 12 pada handset Samsung belum begitu jelas. Android 11 masuk ke ponsel Samsung pada Desember sebagai bagian dari pembaruan UI 3. Produk Samsung yang saat ini mampu menjalankan UI 3 antara lain lini Galaxy S21, lini Galaxy S200, lini Galaxy Note 20, lini Z Fold2, Z Flip, serta seri Note 10, Fold dan S10.

Menggunakan waktu dan preseden ini sebagai panduan, wajar mengatakan bahwa pengguna dapat mengharapkan UI 4 (bersama dengan Android 12) untuk mencapai ponsel Galaxy dan Note premium yang sama pada Desember 2021.

Ponsel kelas atas lainnya

Mirip dengan rilis beta Android 12, harapannya banyak handset berkinerja tinggi untuk menerima pembaruan Android 12 selain Samsung. Menurut situs web GetDroidTips, daftar tentatif mencakup perangkat dari LG, Motorola, Nokia, OnePlus, Oppo, Realme, Xiaomi, Vivo, Sony dan Asus.

Program Android 12 beta tersedia untuk sekelompok ponsel premium seperti OnePlus 9, OnePlus 9 Pro, Asus Zenfone 8, Oppo Find X3 Pro dan TCL 20 Pro 5G-hanya untuk beberapa nama.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA