Selasa 27 Jul 2021 20:19 WIB

Rumah Zakat Giatkan Program Jaga Simbah dari Wabah

Rumah Zakat setiap pekannya memberikan bantuan anggota Pos Lansia Husnul Khotimah

Red: Hiru Muhammad
Selama masa PPKM Darurat, Rumah Zakat terus menggiatkan Program Jaga Simbah dari Wabah. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan pendampingan dan perhatian kepada simbah sebagai kelompok yang paling riskan tertularnya wabah Covid-19.
Foto: istimewa
Selama masa PPKM Darurat, Rumah Zakat terus menggiatkan Program Jaga Simbah dari Wabah. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan pendampingan dan perhatian kepada simbah sebagai kelompok yang paling riskan tertularnya wabah Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL--Selama masa PPKM Darurat, Rumah Zakat terus menggiatkan Program Jaga Simbah dari Wabah. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan pendampingan dan perhatian kepada simbah sebagai kelompok yang paling riskan tertularnya wabah Covid-19.

Melalui program tersebut, besar harapan para Simbah bisa terjaga dari wabah. Untuk menunjang imun Simbah, Rumah Zakat setiap pekannya memberikan bantuan anggota Pos Lansia Husnul Khotimah di Dusun Jetis Kulon Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul dengan Pemberian Makanan.

Tambahan (PMT) Lansia berupa paket makanan siap saji yang berisi nasi dan lauk pauk, rempah jahe sereh, telur termasuk masker.  Seperti yang dilakukan pada pekan ke-4 bulan ini, Ahad (25/7) ada 30 simbah yang fisiknya kuat dan sehat datang ke Pos Lansia Husnul Khotimah. Para simbah yang datang ke Pos Lansia Husnul Khotimah memanfaatkan fasilitas Taman Lansia/Active Zone yaitu tiga unit playground outdoor dan jalan terapi hati.

Setelah merasa cukup berolahraga para simbah menerima paket PMT Lansia berupa telur dan rempah jahe sereh kemudian pulang ke rumahnya masing-masing. "Metur nuwun sanget Rumah Zakat, mugi-mugi kito sedoyo pinaringan sehat lan gusti Allah mbales Rumah Zakat, " Kata Mbah Jumilah, salah seorang Penerima Manfaat.

Sedangkan 20 lansia anggota Pos Lansia Husnul Khotimah lainnya yang fisiknya lemah dan tidak bisa datang ke Pos Lansia Husnul Khotimah mendapatkan PMT Lansia melalui kunjungan rumah lansia (home visit) oleh kader lansia.

Ratno selaku Fasilitator Rumah Zakat Desa Pacarejo berpesan kepada simbah untuk rutin meminum wedhang rempah jahe dan serehnya misalnya setiap pagi, dan semangat makan. Tidak lupa para simbah juga diingatkan oleh kader lansia untuk memakai masker kalau keluar rumah serta istirahat yang cukup jangan terlalu kecapekan ke ladang atau ngarit cari pakan ternak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement