Rabu 28 Jul 2021 13:23 WIB

Film Berlatar Call Center dengan Rating Terbaik di IMDb

Banyak film memanfaatkan ruang call center untuk menciptakan ketegangan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Film The Guilty.
Foto: Nordisk Film Distribution
Film The Guilty.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES --  Meskipun tampak seperti area subjek khusus, sebenarnya ada banyak film yang memanfaatkan ruang kerja call center sebagai metode untuk menciptakan ketegangan, drama, atau bahkan romansa. Pekerjaan di call center itu memiliki peranan penting, mulai dari dukungan teknis hingga layanan darurat.

Meskipun tidak sampai ratusan, namun ada beberapa film yang berhasil mengeksplorasi ruang kerja call center dengan sangat apik. Berikut lima film dengan peringkat tertinggi di IMDb seperti dilansir di Screen Rant, Rabu (28/7):

1. The Guilty (2018) - 7.5

photo
Film The Guilty. - (Nordisk Film Distribution)

 

Diproduksi di Denmark, The Guilty bercerita tentang petugas polisi yang menerima panggilan telepon dari wanita korban penculikan. Situasi ini menunjukkan betapa pentingnya posisi petugas call center untuk keselamatan publik.

Meskipun pada awalnya polisi itu tidak menganggap serius pekerjaannya, setelah menerima panggilan telepon itu, petugas segera sadar bahwa dia mungkin satu-satunya orang yang dapat membantu korban dalam situasi hidup atau mati. Ini menjadi satu dari sedikit film terbaik yang mengeksplorasi pekerjaan call center.

2. Sweet Sixteen (2002) - 7.4

photo
Film Sweet Sixteen. - (Icon Film Distribution)

 

Film ini mengikuti seorang pemuda dari keluarga miskin yang kerap membuat onar dan menyeretnya pada berbagai masalah kehidupan. Saudara perempuannya hanya bekerja di call center, mempertegas bagaimana perjuangan mereka untuk bertahan hidup.

Ketika pemuda itu berusia 16 tahun, dia harus banyak belajar tentang kehidupan dan tumbuh dewasa. Di film ini, call center memang memainkan peran sederhana, namun tetap penting dalam memberikan pelajaran tentang dunia nyata. Ini adalah kisah masa depan yang penting dan autentik.

3. The Best Exotic Marigold Hotel (2011) - 7.3

photo
Film The Best Exotic Marigold Hotel. - ( Fox Searchlight Pictures)

 

Film The Best Exotic Marigold Hotel tidak sepenuhnya berfokus pada pekerjaan call center, melainkan bercerita tentang sekelompok pensiunan Inggris yang berlibur ke India dengan harapan memulai hidup baru. Mencari perjalanan yang akan mengubah segalanya bagi mereka, karakter ikonik Judi Dench mulai mencari pekerjaan yang dia harap akan membuatnya sibuk di Jaipur.

Hingga akhirnya Dench menemukan lowongan di kantor call center lokal, sebagai pelatih agar para staf bisa lebih ramah di telepon. Dengan kecerdasan, pesona, dan kompleksitas emosional yang luar biasa, Dench sukses mendapat pekerjaan itu dan membantu kantor call center mendapat keuntungan besar.

4. John And Jane (2005) – 7.3

photo
Film John And Jane. - (Netflix.)

 

Baik drama maupun dokumenter, hanya sedikit film seperti John And Jane. Karya ini mengikuti serangkaian karyawan call center yang semuanya bekerja di Mumbai dan ditugaskan untuk berbicara dengan orang-orang dari seluruh dunia setiap hari. Ini adalah film yang sangat emosional, mempelajari manusia di balik suara.

Film ini menunjukkan pengalaman nyata dari mereka yang bekerja di call center, serta seberapa berpengaruhnya peran tersebut sebagai sumber daya. Melalui film ini, penonton juga bisa melihat perlakuan orang terhadap mereka yang bekerja di posisi ini dan bagaimana pasar ekonomi terus mengglobal.

5. Outsourced (2006) – 7.0

photo
Film Outsourced. - ( ShadowCatcher Entertainment)

 

Outsourced mengikuti seorang pengusaha Amerika yang pindah ke India karena pekerjaannya di-outsource. Dia harus melatih karyawan baru sambil mencoba membiasakan diri dengan budaya yang berbeda dan kehidupan baru yang jauh dari karirnya yang sudah dikenalnya.

Film ini merayakan budaya dan kehidupan India yang bekerja di call center tetapi juga menunjukkan apa yang hilang dari lingkungan kerja Amerika yang serba cepat. Meski begitu film ini juga adalah kisah romantis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement