Rabu 28 Jul 2021 18:35 WIB

Biles, Pelecehan Seksual, dan Masalah Kesehatan Mental Atlet

Mundurnya Biles menyoroti pentingnya melindungi kesehatan mental dalam olahraga.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Atlet senam Amerika Serikat, Simone Biles, memutuskan mundur dari Olimpiade 2020 Tokyo karena masalah kesehatan mental.
Foto: EPA
Atlet senam Amerika Serikat, Simone Biles, memutuskan mundur dari Olimpiade 2020 Tokyo karena masalah kesehatan mental.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Senam (Gimnastik) Amerika Serikat (AS) memberikan pernyataan soal keputusan mundur Simone Biles dari seluruh putaran final individu Olimpiade 2020 Tokyo. Keputusan itu dilatarbelakangi atas upaya Biles dalam penyembuhan masalah kesehatan mental.

"Kami dengan sepenuh hati mendukung keputusan Simone Biles dan memuji keberaniannya dalam memprioritaskan kesehatan," kata USA Gymnastics dalam sebuah pernyataan dikutip The Athletic, Rabu (28/7).

Baca Juga

Dalam pernyataannya, Federasi Senam AS menjelaskan keputusan mengenai apakah Biles akan berlomba dalam final nomor-nomor perorangan bakal diambil setelah melewati evaluasi harian.

Nantinya, Jade Carey akan menggantikan peran Biles dalam final nomor semua alat. Pihak federasi pun mengaku keberanian Biles melakukan keputusan itu menunjukkan mengapa dirinya patut menjadi panutan banyak orang.

Keputusan Biles menarik diri dari all-around terjadi setelah mundur dari final beregu putri Selasa (27/7) kemarin. Superstar berusia 24 tahun itu tiba-tiba tercoret dari kompetisi setelah melewatkan satu rotasi dengan alasan masalah kesehatan mental.

"Setelah pertunjukan yang saya lakukan, saya tak ingin melanjutkannya. Saya tidak terlalu percaya diri lagi, mungkin karena semakin tua," kata Biles menjelaskan dilansir Marca.

Pesenam asal Negeri Paman Sam yang sukses mengalungkan empat medali emas Olimpiade itu menambahkan, harapan masyarakat Amerika Serikat membuat dirinya semakin terbebani. "Saya benar-benar merasa seperti saya memiliki beban dunia di pundak saya pada waktu-waktu tertentu," sambungnya.

Biles kemudian berbicara dengan pelatih tim dan pelatihnya, Cecile Landi, dan memberitahu bahwa tim harus terus berjalan tanpa dirinya. Ia juga tak berharap lebih kepada tim dengan menuntut untuk mendapatkan medali emas.

Jutaan pasang mata di dunia lantas bertanya mengapa Biles memutuskan untuk menarik diri di usianya yang terbilang muda. Berbagai teka-teki seperti kondisi persiapan yang tak sempurna, hingga mengalami cedera pada penampilan perdananya menyeruak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement