Rabu 28 Jul 2021 18:40 WIB

Brasil ke Perempat Final Sepak Bola Putra Sebagai Juara Grup

Brasil juara Grup D setelah mengalahkan Arab Saudi 3-1.

Red: Israr Itah
Penyerang Brasil Richarlison (kanan) mencetak dua gol saat timnya mengalahkan Arab Saudi pada laga terakhir Grup D sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020.
Foto: AP/Kiichiro Sato
Penyerang Brasil Richarlison (kanan) mencetak dua gol saat timnya mengalahkan Arab Saudi pada laga terakhir Grup D sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brasil lolos ke perempat final sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 sebagai juara grup setelah menang secara meyakinkan 3-1 atas Arab Saudi dalam pertandingan terakhir Grup D di Stadion Saitama, Rabu (28/7). Menurut catatan laman resmi Olimpiade Tokyo 2020, Tim Samba sudah berhasil membuka keunggulan melalui sundulan Matheus Cunha pada menit ke-14. Keunggulan tersebut membuat Brasil semakin percaya diri dan terus menekan Arab Saudi. Namun beberapa peluang yang tercipta gagal menjadi gol.

Justru gawang Brasil harus kebobolan pada menit ke-27. Bermula dari tendangan bebas Salman Al Faraj, bola diteruskan dengan sundulan jarak dekat Abdulelah Al Amri yang masuk ke gawang Brasil yang dijaga Santos. Skor imbang 1-1 mengakhiri babak pertama.

Baca Juga

Memulai babak kedua, Brasil tetap memainkan gaya bermain menyerang mereka dengan mengandalkan penguasaan bola dan tekanan. Beberapa peluang bisa tercipta, tetapi belum memberikan hasil. Baru pada menit ke-76, Brasil bisa menambah keunggulan lewat sundulan Richarlison usai menerima umpan dari Bruno Guimaraes. Kedudukan menjadi 2-1 untuk Brasil.

Richarlison nyaris mencatatkan namanya untuk kedua kali di papan skor. Namun, golnya pada menit ke-90 dianulir wasit karena dia sudah berada dalam posisi offside. Brasil terus mengurung pertahanan Arab Saudi dalam upaya menambah keunggulan. Pada menit ke-90+4, Richarlison mencetak gol keduanya usai menerima operan dari Reiner. Skor 3-1 menjadi hasil akhir pertandingan ini dan Brasil finis sebagai juara Grup D.

Susunan Pemain

Arab Saudi: Ameen Al-Bukhari; Abdulelah Al-Amri, Abdulbasit Hindi, Khalifah Al-Dawsari, Yaseer Al-Shahrani, Saud Abdulhamid, Salman Al-Faraj (Nasser Al Omran 89'), Ali Al-Hassan (Mukhtar Ali 61'), Salem Al-Dawsari (Khalid Al Ghannam 89'), Sami Al-Najei (Abdulrahman Ghareeb 61'), Abdullah Al-Hamddan.

Brasil: Santos; Diego Carlos, Nino, Guilherme Arana, Dani Alves, Matheus Cunha (Gabriel Martinelli 87'), Bruno Guimaraes (Gabriel Menino 86'), Matheus Henrique, Richarlison, Claudinho (Reiner 71'), Antony (Malcom 46').

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement