Kamis 29 Jul 2021 07:54 WIB

Desa Wisata Harapan Kebangkitan Parekraf Pascapandemi

Desa wisata diharapkan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
Menparekraf Sandiaga Uno dalam kunjungan kerja ke desa wisata Rammang Rammang.
Foto: Istimewa
Menparekraf Sandiaga Uno dalam kunjungan kerja ke desa wisata Rammang Rammang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, terus mendorong pengembangan desa wisata sebagai salah langkah untuk kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) pascapandemi. Yakni desa wisata sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.  

Ia menjelaskan, tren pariwisata Indonesia ke depan lebih mengarah kepada pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Sebagai salah satu kekuatan pariwisata yang mengedepankan pelestarian budaya dan lingkungan, desa wisata memiliki peranan besar dalam mewujudkan hal tersebut. Karenanya Kemenparekraf mendorong penuh pengembangan desa wisata.

Baca Juga

“Saya mengamplifikasi, bahwa ini ada perubahan yang signifikan secara fundamental bahwa pariwisata itu lebih customize, localized, personalized dan smaller in size. Oleh karena itu desa wisata adalah solusinya,” kata Sandiaga dalam Bimtek & Workshop Online Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 untuk wilayah V, Rabu (28/7).

Desa wisata, kata dia, memiliki daya tarik bagi wisatawan lantaran suasana pedesaan yang begitu kental. Wisatawan juga akan merasakan pengalaman berbeda dengan hangatnya kearifan lokal, adat-istiadat di tiap desa serta kuliner yang khas .