Jumat 30 Jul 2021 00:10 WIB

Pasukan Armenia Tembaki Posisi Perbatasan Azerbaijan

Azerbaijan mengatakan Armenia melanggar perjanjian gencatan senjata

Red: Christiyaningsih
Azerbaijan mengatakan Armenia melanggar perjanjian gencatan senjata.
Azerbaijan mengatakan Armenia melanggar perjanjian gencatan senjata.

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU - Tentara Armenia kembali melanggar perjanjian gencatan senjata dan menembaki posisi Azerbaijan di wilayah Kalbajar pada Rabu malam.

Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan pada Kamis bahwa angkatan bersenjata Armenia yang ditempatkan di sekitar Desa Yukhari Shorja di wilayah Basarkechar melepaskan tembakan ke posisi perbatasan tentara Azerbaijan di desa Zeylik menggunakan senapan serbu dan peluncur granat.

Baca Juga

Menurut kementerian, sekitar 10-12 granat tangan F-1 dilemparkan ke posisi Azerbaijan, namun tentara Azerbaijan membalas dan saat ini mengendalikan situasi operasional di wilayah tersebut.

Hubungan antara negara pecahan Republik Soviet itu tegang sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, juga dikenal sebagai Upper Karabakh, sebuah wilayah yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan, dan tujuh wilayah sekitarnya.

Bentrokan baru pecah September lalu dan berakhir pada 10 November dengan gencatan senjata yang ditengahi Rusia.

Selama konflik 44 hari, Azerbaijan membebaskan sejumlah kota dan hampir 300 pemukiman dan desa dari pendudukan Armenia yang telah berlangsung selama hampir tiga dekade.

 

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُبْطِلُوْا صَدَقٰتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْاَذٰىۙ كَالَّذِيْ يُنْفِقُ مَالَهٗ رِئَاۤءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ فَمَثَلُهٗ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَاَصَابَهٗ وَابِلٌ فَتَرَكَهٗ صَلْدًا ۗ لَا يَقْدِرُوْنَ عَلٰى شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوْا ۗ وَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْكٰفِرِيْنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena ria (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir. Perumpamaannya (orang itu) seperti batu yang licin yang di atasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggallah batu itu licin lagi. Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir.

(QS. Al-Baqarah ayat 264)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement