Selasa 03 Aug 2021 06:09 WIB

Matt Damon Sebut Layanan Streaming Rusak Industri Film

Damon konsisten 'menolak' layanan streaming dan film superhero.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Matt Damon
Foto: EPA
Matt Damon

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kesuksesan film superhero mendominasi Hollywood beberapa tahun terakhir. Selain itu, adanya pandemi membuat peluang platform streaming lebih besar lagi untuk mendapatkan pasar. 

Namun, kedua hal itu disebut aktor yang juga pembuat film pemenang Oscar Matt Damon, merusak industri sinema. Setelah secara konsisten tetap absen dari waralaba superhero sejak awal, Damon merasa kombinasi layanan streaming dan film superhero merusak industri dalam beberapa hal. Damon pun menyesal anak-anaknya lebih tertarik pada ponsel ketimbang layar lebar. 

"Cara mereka menonton berbeda dengan cara kami. Bagaimana Anda bisa menonton film jika Anda mengirim pesan singkat?," kata Damon, saat wawancara dengan The Sunday Times, dilansir di laman Screen Rant, Senin (2/8). 

Dia menuturkan, sebagai seseorang yang membuat film, dia mengaku tidak bisa mengatakan dia menyukainya. Film, kata dia, tidak akan menjadi hal penting dalam kehidupan anak-anak dan generasi ke depan.  "Itu membuatku sedih," kata Damon. 

Damon kemudian berbicara tentang bagaimana anjloknya penjualan video rumahan di hadapan opsi streaming yang terus berkembang. Hal itu membuat studio atau rumah produksi harus membuat film dengan daya tarik lebih "internasional" sehingga memunculkan fenomena superhero. 

"Membuat cerita superhero adalah membuat film paling menguntungkan, yang bisa berkeliling dunia. Jika Anda ingin film berjalan dan diputar besar-besaran, Anda menginginkan sedikit kebingungan budaya," kata Damon. 

Dia mengatakan, kebangkitan film pahlwan super itu sangat nyata. Film tersebut mudah untuk semua orang. "Anda tahu siapa orang baik itu, siapa orang jahatnya.  Mereka bertarung tiga kali dan orang baik menang dua kali," kata dia. 

Poin yang dibuat Damon bukanlah hal baru. Damon telah mengkritik genre superhero dan cengkeraman yang dimiliki layanan streaming berlangganan pada model rilis film sejak bertahun-tahun lalu.

Hampir 25 tahun berlalu sejak film Good Will Hunting menjadikan Damon bintang internasional. Selama periode itu, dia tetap menjadi kekuatan yang konsisten di antara aktor-aktor top Hollywood. 

Dia mampu memainkan berbagai karakter dalam berbagai genre. Damon sendiri menemukan kesuksesan yang cukup besar sebagai bintang aksi, terutama di waralaba Bourne.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, sudah jelas bahwa kerangka kerja sinema Hollywood mulai berubah dengan cara yang sebelumnya tidak terlihat. Dengan kedatangan Iron Man pada 2008, genre film superhero membuat klaim nyata pertamanya atas supremasi box office

Film yang dibintangi Robert Downey Jr itu membuka pintu air untuk gelombang revolusioner dari film-film berbiaya besar dan sarat efek khusus yang ditonton oleh penonton di seluruh dunia.  Setahun sebelum kedatangan Iron Man, layanan penyewaan DVD yang kurang dikenal Netflix telah memperluas model bisnis mereka ke model yang mulai berfokus pada konten streaming langganan.  

Pada 2010, Netflix adalah kehadiran global dan film superhero jelas mendapatkan momentum yang signifikan. Selama dekade berikutnya, baik Netflix maupun genre superhero terus melampaui ekspektasi.

Namun karena perubahan yang tak terhindarkan ini telah menggali dan bertahan selama bertahun-tahun, tidak semua orang merasa bahwa apa yang mereka tawarkan sepenuhnya bermanfaat bagi sinema, termasuk Damon. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement