Selasa 03 Aug 2021 16:07 WIB

Doncic Masih Kinclong, Bawa Slovenia ke Semifinal Olimpiade

Slovenia lolos setelah menaklukkan Jerman secara meyakinkan 94-70 di Olimpiade Tokyo

Red: Israr Itah
Pemain andalan Slovenia Luka Doncic.
Foto: EPA-EFE/Toms Kalnins
Pemain andalan Slovenia Luka Doncic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Luka Doncic kembali menunjukkan kontribusi maksimalnya saat membantu Slovenia melangkah ke babak semifinal bola basket putra Olimpiade Tokyo 2020. Slovenia lolos setelah menaklukkan Jerman secara meyakinkan 94-70 dalam pertandingan perempat final di Saitama Super Arena, Saitama, Selasa (3/8).

Doncic mengemas dobel dobel 20 poin dan 11 assist, plus delapan rebound. Goran Dragic turut membantu lewat 27 poin, sementara center Mike Tobey meraih 13 poin dan 11 rebound.

Baca Juga

Dari kubu Jerman, Maodo Lo dengan 11 poin dan Niels Giffey 10 poin yang hanya mencapai dua digit angka. Akurasi tembakan yang hanya 38 persen dari permainan terbuka dibandingkan 54 persen milik Slovenia menjadi salah satu penyebab kegagalan Jerman.

Memimpin 25-14 di kuarter pertama, Slovenia sempat kehilangan keunggulan mereka kala Lo melesakkan tripoin pada sisa waktu lima menit 22 detik pada kuarter dua untuk membuat Jerman membalikkan kedudukan 32-31. Namun Doncic segera menjawabnya dengan tembakan tripin juga 11 detik kemudian untuk mengembalikan keunggulan Slovenia 34-32. Keunggulan itu belakangan mampu diperlebar lagi saat Dragic menutup paruh pertama dengan tembakan tripoin, membuat kedudukan 44-37 atas Jerman.

Slovenia semakin meyakinkan di dua kuarter berikutnya, meraup 50 poin tambahan sedangkan Jerman hanya menambah 33 poin. Setelah mencetak dua angka dari dalam paint area untuk membuat kedudukan 84-63, Doncic diberi kesempatan beristirahat dalam tiga setengah menit terakhir pertandingan.

Dari tepi lapangan Doncic melihat rekan-rekannya mampu menjaga keunggulan dan menutup laga dengan kemenangan 94-70. Di semifinal, Slovenia menanti pemenang laga perempat final Italia vs Prancis masih berlangsung.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَلِذٰلِكَ فَادْعُ ۚوَاسْتَقِمْ كَمَآ اُمِرْتَۚ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْۚ وَقُلْ اٰمَنْتُ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ مِنْ كِتٰبٍۚ وَاُمِرْتُ لِاَعْدِلَ بَيْنَكُمْ ۗ اَللّٰهُ رَبُّنَا وَرَبُّكُمْ ۗ لَنَآ اَعْمَالُنَا وَلَكُمْ اَعْمَالُكُمْ ۗ لَاحُجَّةَ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ ۗ اَللّٰهُ يَجْمَعُ بَيْنَنَا ۚوَاِلَيْهِ الْمَصِيْرُ ۗ
Karena itu, serulah (mereka beriman) dan tetaplah (beriman dan berdakwah) sebagaimana diperintahkan kepadamu (Muhammad) dan janganlah mengikuti keinginan mereka dan katakanlah, “Aku beriman kepada Kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan agar berlaku adil di antara kamu. Allah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami perbuatan kami dan bagi kamu perbuatan kamu. Tidak (perlu) ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nyalah (kita) kembali.”

(QS. Asy-Syura ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement