Kamis 05 Aug 2021 11:48 WIB

Jawara Depok Luncurkan Jagalilin untuk Bantu Promosi UMKM

Jagalilin akan rilis secara rutin dua kali sepekan melalui berbagaai platform medsos.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Ubaidilah, Ketua Umum Jaringan Wirausaha (Jawara) Depok, meluncurkan platform digital Jagalilin, untuk memfasilitasi UMKM berpromosi di platform digital.
Foto: Dok Jawara
Ubaidilah, Ketua Umum Jaringan Wirausaha (Jawara) Depok, meluncurkan platform digital Jagalilin, untuk memfasilitasi UMKM berpromosi di platform digital.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sejumlah kebijakan sudah dikeluarkan oleh Pemerintah sejak awal munculnya virus Covid-19. Mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1-4. PPKM level 4 di Jawa Bali sudah dua kali diperpanjang dan masih berpotensi terus diperpanjang.

Kebijakan ini tentu sangat menghantam pelaku UMKM. Karena pada umumnya, UMKM memiliki dana terbatas sehingga ketika omset mengalami penurunan, maka UMKM cenderung cepat mati. Namun disisi lain UMKM memiliki keunggulan cepatnya berubah dan mengalami penyesuain baru, karena organisasinya relatif sederhana tidak seperti perusahaan besar yang sudah memiliki organisasi mapan. 

Baca Juga

Selain kebutuhan permodalan serta stimulan lain dari pemerintah, UMKM perlu cara dan inspirasi bagaimana tetap bertahan dan bertumbuh di kala pandemi.

Ubaidilah Ketua Umum Jaringan Wirausaha (Jawara) Depok, menyikapi kondisi itu dengan meluncurkan platform digital media inspirasi untuk membangitkan semangat dan membantu pemasaran para UMKM. “Bismillah, saya meluncurkan program Jagalilin, sebuah platform berbasis open source yang mengangkat sisi-sisi inspirasi para UMKM, bagaimana mereka bertahan, mencari solusi hingga akhirnya bertumbuh di kala pandemi," ujar Ubaidilah dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (5/8).

Ia menambahkan, pihaknya memberi nama Jagalilin karena ingin mengembalikan makna Jagalilin sesuai dengan porsinya. Lilin yang menyala dapat menerangi gelap gulita dan menjaga lilin agar terus menyala adalah upaya untuk terus menebar cahaya bagi sekelilingnya. Di tengah gelapnya upaya penanganan pandemi, ada setitik cahaya dan harapan dari para UMKM untuk terus bertumbuh.

"Selain media inspirasi, kami juga memfasilitasi para UMKM yang ingin berpromosi di berbagai platform digital kami, sehingga para UMKM akan tetap relevan di era digital," jelas Ubaidilah.

Program Jagalilin akan rilis secara rutin satu hingga dua kali sepekan dan dapat di akses di akun Youtube Jagalilin, https://www.youtube.com/channel/UCMU7byB7oFC9A8clij9TNXA, Instagram https://www.instagram.com/jagalilinofficial, TIKTOK : https://www.tiktok.com/@jagalilinofficialFANSPAGE : https://www.facebook.com/jagalilinofficial.

"Besar harapan kami, bisa membantu memasarkan serta mendorong teman-teman UMKM yang sedang mengalami kebuntuan mencari jalan bertumbuh. Juga bagi para masyarakat yang sedang kesulitan mencari pekerjaan dan yang sedang mencari peluang bisnis," ujar Ubaidilah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement