Kamis 05 Aug 2021 16:35 WIB

Grealish Datang, Lini Tengah Manchester City Bakal Tangguh?

Apa yang dibawa Grealish adalah lebih banyak pilihan

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
Reaksi Jack Grealish dari Inggris saat pertandingan semifinal kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Denmark di stadion Wembley di London, Rabu, 7 Juli 2021.
Foto: AP/Carl Recine/Pool Reuters
Reaksi Jack Grealish dari Inggris saat pertandingan semifinal kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Denmark di stadion Wembley di London, Rabu, 7 Juli 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Penandatanganan Jack Grealish diprediksi akan membuat tiga pemain Manchester City lain berjuang untuk mempertahankan tempat mereka. Grealish bisa dibilang salah satu pemain Manchester City yang paling menarik selama bertahun-tahun.

Sebagian besar pemain baru City relatif belum terbukti - seperti Leroy Sane, Ferran Torres atau Ruben Dias - sementara yang lain lebih solid seperti John Stones atau Kyle Walker.

Bahkan pemain seperti Kevin De Bruyne dan Raheem Sterling, yang datang dengan banyak sensasi, masih tidak mendapatkan kegembiraan seperti yang didapatkan oleh Grealish di antara penggemar City.

Meskipun Grealish belum menguji dirinya di panggung Eropa, dia adalah tipe pemain yang menghadapi bek, memenangkan tendangan bebas, dan mencetak gol.  Persis jenis pemain yang ingin dilihat penggemar.

Dia membawa keserbagunaan yang dibutuhkan untuk bermain di bawah Pep Guardiola, yang berarti dia bisa ditempatkan di lini tengah dan area yang luas, dan bahkan berpotensi melalui tengah sebagai false nine.

Tetapi pemain tambahan dalam kelompok gelandang serang yang sudah penuh hanya meningkatkan persaingan dan mengurangi jumlah waktu permainan yang tersedia bagi para pemain yang sudah berada di City.  Beberapa dari mereka mungkin perlu beradaptasi untuk mempertahankan tempat mereka di starting XI.

Mengutip dari Manchester Evening News, Kamis (5/8), pemain yang paling mirip dengan Grealish, dari segi posisi, mungkin adalah Bernardo Silva. Musim lalu, Bernardo harus bermain lebih ke tengah mengingat performa Riyad Mahrez dan Phil Foden di sayap.

Dia telah mengembangkan permainan taktisnya untuk memenuhi tuntutan yang dibutuhkan seorang gelandang tengah di bawah Guardiola, tetapi mungkin harus beradaptasi kembali mengingat Grealish juga bisa bermain di sana.

Mungkin pindah kembali ke sayap, atau sebagai opsi alternatif yang lebih permanen sebagai sembilan palsu bisa menjadi cara bagi Bernardo untuk mempertahankan tempatnya.

Demikian pula, jika Grealish mengambil posisi sayap kiri dari Aston Villa, maka dia akan bersaing langsung dengan Foden dan Raheem Sterling.

Dari keduanya, Foden mungkin lebih fleksibel dan mungkin lebih baik mencoba menyerah dan mempelajari cara bermain secara terpusat - seperti yang dilakukan Bernardo.

Gelandang tengah selalu menjadi takdir jangka panjang Foden, atau sebelum ia mulai bersinar di sayap, jadi mungkin kedatangan Grealish bisa mempercepat proses itu.

Perubahan posisi terakhir bisa datang untuk Ferran Torres. Anak muda itu tampil mengesankan sebagai penyerang tengah sementara musim lalu, dan itu mungkin menjadi area di mana dia bisa lebih sering digunakan, karena Grealish telah meningkatkan persaingan di sayap.

Torres mudah dibentuk dan serbaguna, dan merupakan pemain sayap City yang paling alami untuk beradaptasi kembali di tengah - terutama jika Harry Kane tidak menandatangani kontraknya.

Apa yang dibawa Grealish adalah lebih banyak pilihan, dan lebih banyak cara untuk membuat lawan terus menebak-nebak. Dia mungkin juga memaksa beberapa pemain City yang ada untuk bekerja lebih keras dan menilai kembali tempat terbaik mereka di starting XI.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement