Sabtu 07 Aug 2021 03:05 WIB

Varian Delta Picu Aset Asia Tenggara Menjadi Lebih Buruk

Pasar ASEAN dinilai gagal karena belum mencapai 70 persen vaksinasi Covid-19.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Sejumlah negara anggota ASEAN berkibar di Sekretarian ASEAN di Jakata.
Foto: Tatan Syuflana/AP
Sejumlah negara anggota ASEAN berkibar di Sekretarian ASEAN di Jakata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kombinasi lonjakan varian delta dan tingkat vaksinasi yang rendah telah menjadikan Asia Tenggara sebagai hotspot virus terburuk di dunia dan pasar keuangannya merasakan bebannya.

Seperti dilansir dari laman Bloomberg, Jumat (6/8) saham telah merosot karena kematian di kawasan itu melonjak, dengan benchmark di Filipina dan Vietnam memimpin penurunan global selama sebulan terakhir. Del Monte Filipina menunda penawaran umum perdana minggu ini dengan alasan volatilitas pasar dari meningkatnya beban kasus dan beberapa analis memperkirakan lebih banyak kerugian mata uang Asia Tenggara yang telah tertinggal di kawasan yang lebih luas pada kuartal ini, dengan baht Thailand pada titik terlemah sejak 2018.

Bagi investor, poin kunci sebelum bertaruh pada pemulihan adalah vaksinasi yang rendah, dengan banyak negara di kawasan ini belum keluar dari satu digit dalam hal persentase populasi yang sepenuhnya diinokulasi. Hal itu mengarah pada penundaan pembukaan kembali dan pemulihan pembatasan mobilitas, perbedaan dari negara lain yang dicontohkan oleh Indonesia baru-baru ini mengabaikan target untuk mencapai kekebalan kawanan.

Manajer portofolio senior di Samsung Asset Management (HK) Ltd  Alan Richardson mengatakan Pasar ASEAN gagal karena belum mencapai 70 persen vaksinasi yang diperlukan untuk memperlambat infeksi Covid-19,” kata dia.

“Vaksinasi massal adalah satu-satunya cara untuk kembali ke pembukaan kembali berkelanjutan karena virus itu endemik,” ucapnya. 

Berikut adalah pandangan lintas-aset tentang bagaimana lonjakan virus berdampak pada pasar Asia Tenggara:

Saham

Di pasar saham Asia yang tertinggal dari rekan-rekan global, saham Asean menonjol karena kinerjanya yang rendah. Indeks MSCI Asean telah turun lebih dari lima persen tahun ini, dibandingkan dengan kenaikan sekitar satu persen pada benchmark regional MSCI Asia Pacific Index. MSCI AC World Index naik 13 persen.

"Kami percaya kemungkinan revisi PDB negatif lebih lanjut. Momentum indikator utama kami menempatkan Thailand, Filipina, Malaysia, dan Singapura di bagian bawah di antara pasar negara berkembang,” kata Ahli strategi multi-asset senior di Pictet Asset Management di London Arun Sai.

Menggarisbawahi pentingnya vaksinasi, tolok ukur Singapura yang terekspos secara global melawan tren dengan kenaikan tahunan sebesar 12 persen. Negara kepulauan ini telah sepenuhnya menginokulasi lebih dari 60 persen populasinya.

Obligasi

Obligasi negara dari Thailand, Filipina dan Malaysia semuanya terpukul, dengan indeks pengembalian total lokal turun sekitar satu persen dalam dolar sejak akhir Juni. Para investor khawatir pemerintah harus mengeluarkan lebih banyak utang untuk mengekang wabah terbaru dan memberikan bantuan kepada bisnis dan individu yang terpukul keras.

Namun, ada titik terang. Indonesia bulan lalu memangkas target penerbitan obligasi bersih untuk tahun ini, membuat obligasi dengan imbal hasil lebih tinggi bahkan lebih menarik pada saat imbal hasil AS merosot. Sekuritas telah memberi investor pengembalian lebih dari tiga persen sejak 30 Juni.

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement