Legislator Prediksi Pemerintah Tetap akan Terapkan PPKM

Legislator menilai pemerintah belum akan hentikan penerapan PPKM

Senin , 09 Aug 2021, 12:23 WIB
Saleh Partaonan Daulay
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Saleh Partaonan Daulay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay, menilai besar kemungkinan pemerintah belum akan menghentikan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Menurutnya, meski ada penurunan kasus Covid-19, kematian dan tingkat keterisian rumah sakit, namun belum signifikan.

"Kalau menutup PPKM, rasanya belum," ujar Saleh kepada wartawan, Senin (9/8).

Baca Juga

Kemungkinan besar, pemerintah akan menurunkan level PPKM di sejumlah daerah yang sebelumnya berada di level 4. Hal tersebut dinilainya tepat, karena pemerintah akan lebih mudah dalam menentukan pembatasan sesuai kondisi daerah masing-masing.

"Adanya perbedaan level seperti ini, akan lebih memudahkan pemerintah untuk menerapkan kebijakan. Ibarat tone radio, ya tinggal memperbesar atau memperkecil saja," ujar Saleh.

Namun sebelum itu, ia melihat pemerintah akan mengevaluasi berjalannya PPKM sebelumnya. Di mana kebijakan tersebut berhasil menurunkan jumlah kasus infeksi, kematian, hingga bed occupancy rate (BOR) rumah sakit.

"Keputusan untuk melanjutkan atau melonggarkan pasti didasari oleh evaluasi tersebut. Secara umum, memang ada penurunan. Tingkat hunian RS, orang yang terpapar, jumlah orang yang meninggal, dan yang isolasi mandiri juga turun," ujar Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi memutuskan untuk memperpanjang PPKM level tertinggi ini selama 3-9 Agustus 2021. Pada pelaksanaan PPKM level 4 terakhir, sejumlah kelonggaran memang diberikan khususnya bagi pelaku ekonomi skala kecil. Namun, pembatasan-pembatasan untuk sektor nonesensial dan pengetatan transportasi masih berlaku.

Sebagai informasi, penentuan level PPKM di suatu daerah dilakukan melalui asesmen situasi mingguan. Ada dua indikator yang dinilai, yakni laju penularan Covid-19 dan respons kesehatan per daerah. 

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 4 akan berakhir pada Senin (9/8). Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, meminta masyarakat untuk menunggu apakah Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melanjutkan atau tidak PPKM level 4.

"Tunggu saja pengumuman resmi pemerintah ya," kata Wiku singkat kepada Republika.co.id, Ahad (8/8).