Kamis 12 Aug 2021 02:07 WIB

Dianggap Jadi Beban Barcelona, Umtiti Bergeming

Umtiti masuk dalam 10 besar daftar pemain dengan gaji tertinggi di Barcelona

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Samuel Umtiti
Foto: EPA/FILIP SINGER
Samuel Umtiti

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Keputusan untuk tidak mengontrak kembali Lionel Messi tidak serta merta menyelesaikan problem yang tengah dihadapi Barcelona.

Klub asal Katalan itu tetap diharapkan bisa mengurangi beban gaji pemain agar sesuai dengan aturan finansial yang telah diterapkan La Liga.

Tidak hanya itu, Barcelona juga baru bisa mendaftarkan pemain-pemain anyar mereka, seperti Sergio Aguero, Eric Garcia, dan Memphis Depay, apabila telah memenuhi aturan finansial tersebut.

Blaugrana diharapkan sudah bisa menyelesaikan semua problem ini sebelum 13 Agustus mendatang. Salah satu langkah yang bisa diambil Barcelona adalah melepas sejumlah pemain bergaji tinggi, tidak terkecuali bek tengah asal Prancis, Samuel Umtiti.

Dengan gaji dikabarkan mencapai 12,7 juta euro per tahun, Umtiti masuk dalam 10 besar daftar pemain dengan gaji tertinggi di skuad Blaugrana. Terlebih, dalam dua musim terakhir, Umtiti lebih banyak menghuni ruang perawatan akibat tidak kunjung sembuh sepenuhnya dari cedera lutut kiri.

Mantan bek tengah Lyon itu dinilai tidak memberikan kontribusi yang maksimal buat Blaugrana. Pun dengan keputusan pelatih Ronald Koeman untuk kerap menepikan Umtiti pada musim lalu.

Baca juga : ofi Liga Champions, Salah Satu Alasan Messi Gabung PSG

Akhirnya, desakan terhadap Umtiti untuk meninggalkan Barcelona tergambar jelas lewat aksi para pendukung Barca di turnamen pra-musim, Joan Gamper Trophy. Pada saat itu, supporter Barca menyoraki bek tengah berusia 27 tahun tersebut.

Umtiti memilih tidak hadir dalam penyerahan trofi usai kemenangan Barcelona, 3-0, atas Juventus di laga tersebut. Kendati begitu, Umtiti bergeming. Pemain keturunan Kamerun itu dikabarkan memilih tetap bertahan di Barcelona, setidaknya hingga kontraknya berakhir pada 2023.

''Prioritas utama Umtiti bukanlah meninggalkan Barcelona, tapi justru bertahan di klub tersebut. Dia ingin menghabiskan dua tahun sisa kontraknya bersama Barcelona,'' tulis laporan Mundo Deportivo, Rabu (11/8).

Umtiti memang tidak menutup sepenuhnya kemungkinan untuk hijrah dari Stadion Camp Nou pada jendela transfer musim panas kali ini. Namun, Umtiti hanya mau menerima pinangan klub yang tampil di level tertinggi, termasuk dengan kemungkinan meraih trofi bergengsi.

Artinya, Umtiti hanya mau memperkuat klub-klub papan atas liga-liga top Eropa. Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan diri Umtiti terkait kemampuannya untuk bisa tampil di level tertinggi.

Pemain yang mulai membela Barca pada 2016 itu dilaporkan sudah pulih sepenuhnya dari cedera lutut kiri, yang membekapnya pasca memperkuat Prancis di gelaran Piala Dunia 2018.

Dengan alasan yang sama, Umtiti pun dikabarkan cukup optimis bisa kembali menjadi andalan di lini belakang Barcelona pada musim depan.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement