Thursday, 5 Jumadil Awwal 1443 / 09 December 2021

Thursday, 5 Jumadil Awwal 1443 / 09 December 2021

Sayur dan Buah Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak

Kamis 12 Aug 2021 01:07 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Diet sehat (Ilustrasi). Jangan lupa sertakan sayuran dan buah dalam makanan sehari-hari.

Diet sehat (Ilustrasi). Jangan lupa sertakan sayuran dan buah dalam makanan sehari-hari.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Senyawa flavonoid dalam sayur dan buah dapat cegah orang jadi pelupa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sayur dan buah memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, termasuk meningkatkan kesehatan otak. Studi terbaru menemukan bahwa senyawa flavonoid, salah satu antioksidan yang ada dalam makanan nabati, dapat membantu mengekang pikun yang membuat frustrasi dan kebingungan ringan yang sering dikeluhkan orang tua seiring bertambahnya usia dan kadang-kadang bisa mendahului diagnosis demensia.

Penelitian ini bersifat observasional sehingga tidak dapat membuktikan sebab dan akibat. Para ilmuwan menggunakan data dari dua studi kesehatan besar yang berkelanjutan dimulai pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, di mana para peserta secara berkala menyelesaikan kuesioner diet dan kesehatan selama lebih dari 20 tahun.

photo
Kenali gejala Alzheimer. - (Republika)
 

Analisis tersebut melibatkan 49.693 wanita dengan usia rata-rata 76 tahun. Sementara itu, partisipan pria yang terlibat sebanyak 51.529 dengan usia rata-rata 73 tahun.

Para ilmuwan menghitung asupan sekitar dua lusin jenis flavonoid yang biasa dikonsumsi, yang meliputi beta karoten dalam wortel, flavon dalam stroberi, antosianin dalam apel, dan jenis lain dalam banyak buah dan sayuran lainnya. Studi ini muncul dalam jurnal Neurology.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile