Kamis 12 Aug 2021 09:02 WIB

Messi Tertinggi, Begini Perincian Gaji Para Pemain Utama PSG

Tagihan upah tahunan gaji para pemain PSG lebih dari 300 juta euro.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Presiden Paris Saint-Germain Nasser Al-Khelaifi (kiri), direktur olahraga Leonardo (kanan), dan striker Argentina Lionel Messi (tengah) berpose dengan jersey PSG barunya setelah konferensi pers sebagai bagian dari presentasi resmi Messi di Stadion Parc des Princes, di Paris, Prancis, 11 Agustus 2021.
Foto: EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON
Presiden Paris Saint-Germain Nasser Al-Khelaifi (kiri), direktur olahraga Leonardo (kanan), dan striker Argentina Lionel Messi (tengah) berpose dengan jersey PSG barunya setelah konferensi pers sebagai bagian dari presentasi resmi Messi di Stadion Parc des Princes, di Paris, Prancis, 11 Agustus 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Perhatian penikmat sepak bola dunia sedang terfokus ke Paris Saint-Germain (PSG). Elite Prancis itu berhasil mengamankan tanda tangan Lionel Messi.

Terlihat, skuad PSG saat ini bertabur bintang. Les Perisiens sudah memiliki Neymar da Silva Jr dan Kylian Mbappe.

Baca Juga

Sebelum Messi datang, klub raksasa Ligue 1 Prancis itu telah mengontrak Sergio Ramos, Georginio Wijnaldum, Gianluigi Donnarumma, serta Achraf Hakimi.

Pertanyaannya, berapa dana yang dikeluarkan Les Perisiens untuk menggaji para jawara tersebut? Menurut Marca, tagihan upah tahunan PSG lebih dari 300 juta euro.

Angka demikian, bisa membentuk the Dream Team. Jelas, apa yang terlihat, berada di luar jangkauan sebagian besar klub Eropa.

Bagaimana perincian gaji para pemain bintang itu? Messi, Neymar, dan Mbappe berada di kelompok teratas, alias mendapat bayaran tertinggi.

"Hanya sedikit klub yang mampu membayar salah satu dari pemain ini, apalagi sampai menyatukan ketiganya," demikian laporan yang dikutip dari Marca, Kamis (12/8).

Messi di peringkat pertama. Gajinya di PSG sekitar 40 juta euro per tahun. Kemudian Neymar dengan 36 juta euro, serta Mbappe 25 juta euro.

Baca juga : Sejumlah Fakta Menarik Usai Chelsea Raih Piala Super Eropa

Berikutnya ada Sergio Ramos. Mantan kapten Real Madrid ini mendapat bayaran 20 juta euro di setiap musimnya. Ramos berada di antara level satu dan dua.

Di level dua, terdapat beberapa nama berkelas, antara lain Gianluigi Donnarumma, Marquinhos, Marco Verratti, Angel di Maria. Kemudian Keylor Navas, Presnel Kimpembe, juga Mauro Icardi.

"Para pemain tersebut, mendapat bayaran antara 10 hingga 15 juta euro per tahun," tambah laporan dari Marca.

Di bawah grup ini, ada dua rekrutan baru, yakni Georginio Wijnaldum dan Achraf Hakimi. Baik Wijnaldum maupun Hakimi mendapat gaji 9,8 juta euro setiap musimnya.

Itu bayaran terendah dari semua jugador anyar PSG. Tapi tetap saja, besaran gaji para pemain itu masih jauh dari jangkauan sebagian besar klub Eropa.

Kelompok berikutnya antara lain Leandro Paredes dan Ander Herrera. Dua pemain ini mendapat gaji 8,5 juta euro per tahun. Selanjutnya, Julian Draxler serta Idrissa Gueye yang masing-masing mendapat 7,6 dan tujuh juta euro per musim.

Kemudian ada beberapa nama yang berpenghasilan lima juta euro per musim. Para pemain tersebut antara lain Abdou Diallo, Rafinha Alcantara, Juan Bernat, Pablo Sarabia, Thilo Kehrer, dan Layvin Kurzawa.

Colin Dagba adalah pemain berpenghasilan terendah di skuad utama PSG. Bek kanan 22 tahun itu mendapat bayaran 1,4 juta euro setiap musimnya.

Demikian perincian upah segenap jugador Les Perisiens. Tentu saja klub tersebut mematok target setinggi mungkin di semua kompetisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement